Libur Natal Usai, Tol Cikampek Arah Jakarta Macet

Ilustrasi kemacetan di gerbang tol
Sumber :
  • Twitter @TMCPoldaMetro

VIVA – Kepolisian melakukan contra flow di ruas tol Cikampek, Selasa malam, 26 Desember 2017. Kebijakan ini dilakukan untuk mengurai kepadatan kendaraan yang mengarah ke Jakarta.

Polisi Sebut Pengemudi Mobil Fortuner Arogan Ditangkap Saat Sembunyi di Rumah Kakaknya

AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru, mengatakan, contra flow dilakukan pada kilometer 47 hingga kilometer 41.

"Pukul 18.05 WIB, contra flow Jalan Tol Jakarta-Cikampek Km 47 sampai dengan Km 41 arah Jakarta diberlakukan," kata Heru dalam keterangan tertulisnya, Selasa 26 Desember 2017.

Tangan Diborgol, Pengemudi Fortuner Arogan Ngaku Adik Jenderal Tertunduk Lesu di Kantor Polisi

Dengan diskresi kepolisian, lanjut Heru, contra flow diberlakukan untuk mengurai kepadatan yang mulai terjadi dari kilometer 55 arah Jakarta karena adanya penyempitan lajur atau bottleneck dari Kilometer 46 arah Jakarta.

"Contra flow ini dikarenakan adanya penyempitan lajur," katanya.

Urai Peningkatan Arus Balik Lebaran, Contraflow Diberlakukan Kembali di Tol Japek

Hingga siang tadi, berdasarkan data dari Jasa Marga, arus balik libur Natal mulai terlihat di tol Cikampek. Meskipun belum terjadi peningkatan secara signifikan, namun peningkatan volume kendaraan mulai terjadi.

"Pada shift satu hingga pukul 14.00 sebanyak 30.202 kendaraan yang melintas di GT Cikarang Utama arah Jakarta. Angka ini naik 21,5 persen dari volume normal sebesar 24.850," kata Heru.

Untuk kendaraan yang mengarah ke luar Jakarta, hingga siang tadi sebanyak 33.344 kendaraan yang melintasi GT Cikarang Utama. "Ini naik 5,8 persen dari volume normal 31.500," katanya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya