KPK Pemprov DKI Bidik Pemakaian Air di Gedung Tinggi Jakarta

Mantan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA – Bambang Widjojanto, Ketua Komite Pencegahan Korupsi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, langsung bekerja setelah timnya diresmikan Gubernur Anies Baswedan. Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi itu menganggap persoalan hak asasi manusia (HAM) kerap diabaikan dalam upaya pencegahan atau pemberantasan korupsi.

BW Ungkap Alasan Walk Out Saat Eddy Hiariej Hendak Beri Keterangan di Sidang MK

Mestinya, kata Widjojanto, pencegahan atau pemberantasan korupsi terintegrasi dengan semangat penegakan HAM. “Padahal kalau dilihat sekarang yang namanya dampak korupsi itu menjadi penyebab dari problem-problem hak asasi manusia,” katanya di Balai Kota Jakarta pada Rabu, 3 Januari 2017.

Bambang pun sudah menetapkan visi barunya untuk menyatukan program antikorupsi dengan semangat HAM. Dia langsung membidik contoh masalah pada sektor pajak terhadap air yang menjadi salah satu persinggungan persoalan korupsi dengan HAM.

Debat BW vs Fahri Bachmid, Ketua MK: Kalau Mau Bicara Semua, Keluar Saja

Di seluruh wilayah Ibu Kota, katanya, banyak gedung tinggi pencakar langit maupun pusat perbelanjaan yang mengambil atau menggunakan air tanah. Dia menengarai perihal itu belum pernah dicek, “apakah mereka sudah membayar pajak berkaitan dengan air yang diambil dari tanah itu?”

“Ternyata,” katanya, “Cukup banyak masalah di dalamnya. Itu bisa merugikan kemaslahatan dan kepentingan publik. Jadi, ada isu hak asasi juga di situ.”

Bela Eddy Hiariej, Yusril Sebut BW Berstatus Tersangka Seumur Hidup

Komite Pencegahan Korupsi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dibentuk oleh Gubernur Anies Baswedan. Selain Widjojanto, lembaga itu juga diawaki Nursyahbani Katjasungkana, perempuan aktivis HAM. (ren)

Presiden Senegal Terpilih Miliki Istri 2.

Senegal Punya 2 Ibu Negara, BW Walk Out dari Sidang MK

Bassirou Diomaye Faye, presiden baru Senegal tengah menuai sorotan karena pencapaiannya. Debat panas kembali terjadi di ruang sidang MK, kuasa hukum 01 BW walk out sidang

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024