Tunggu Perintah Ulama, Alumni 212 Batal Demo Facebook

Kantor Facebook Indonesia di Jakarta.
Sumber :
  • VIVA/Mitra Angelia

VIVA – Organisasi masyarakat yang tergabung dalam Alumni 212 batal menggelar unjuk rasa di kantor perwakilan Facebook, Jakarta, Jumat, 5 Januari 2018. 

Facebook dan Instagram Down, Pengguna Ramai-ramai Ngeluh di X: Sudah Beberapa Jam Tumbang Semua!

Rencana aksi tersebut diundur lantaran masih menunggu perintah dari para ulama. "Diundur. Nanti saya kabarin," kata Anggota Lembaga Dakwah DPP FPI Novel Chaidir Hasan Bamukmin ketika dikonfirmasi VIVA, Kamis, 4 Januari 2018. 

Menurut Novel, perusahaan asal Amerika Serikat itu berlaku tak adil terhadap akun-akun milik Alumni 212 dalam menyuarakan pesannya di media sosial. 

Facebook dan Instagram Down! Pengguna Ngeluh di X dan Jadi Trending Topic

Novel lantas membandingkan dengan konten seperti komunisme, LGBT dibiarkan menyebarkan informasinya. "Biar adil dong. Justru media kita yang ditutup adalah media umat yang mana aksi kemanusiaan kita juga ada di situ," ujarnya. 

Lebih lanjut, Novel menyatakan, aksi protes terhadap Facebook ini akan diikuti puluhan ribu orang. "Biasanya kami demonstrasi 10 ribuan (orang) kalau hari kerja. Kalau bisa sampai ratusan ribu kalau bisa jutaan," ujarnya. 

Instagram dan Facebook Down di Seluruh Dunia, Apa Kata Meta?

Menurut dia, pemicu aksi ini didasari pemblokiran terhadap situs seperti Muslim Cyber Army, akun Ormas FPI berikut akun-akun yang menggunakan logo Alumni 212. "Kami tidak berhenti. Sebelumnya juga kami tanpa media. Insya Allah kebenaran itu sampai kepada mereka," ujarnya. 

Sebelumnya, undangan aksi damai mengatasnamakan Laskar Pembela Islam mengajak seluruh pengurusnya di DKI Jakarta untuk memprotes kebijakan Facebook. 

Mereka rencananya menggelar aksi Jumat, 5 Januari 2018 di kantor perwakilan Facebook Jakarta, terkait pemblokiran akun-akun milik FPI di media sosial.  (mus)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya