Buka Pagar Monas Dinilai Bikin Kumuh, Sandi Ungkap Konsepnya

Warga bersantai di kawasan Monas, Senin 1 Januari 2018.
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace Simbolon

VIVA – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengemukakan, pihaknya ingin keindahan kawasan Monas menyerupai taman wisata lainnya di dunia, seperti Central Park New York, Amerika Serikat.  Lantaran itu, dia mengubah konsep Monas, salah satunya dengan membongkar pagar pembatas rumput di kawasan tersebut.

Jalan di Monas Dibuka, Polisi Harap Massa Reuni 212 Tak Datang Lagi

Hal itu dikemukakan Sandiaga menanggapi kritik Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi soal pembongkaran pagar pembatas rumput di Monas. "Saya kemarin sudah ungkapkan konsep penataan Monas untuk dijadikan park bukan garden," kata Sandiaga, di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu, 17 Januari 2018.

Untuk itu, konsep penataan Monas diubah, salah satunya dengan membongkar pagar pembatas rumput di Monas. Hal itu agar warga bisa menikmati keindahan Monas dan dapat difungsikan sebagai taman. "Kan kita pengen juga ngerasain seperti di park-park lain kalau konsepnya seperti itu," ujarnya. 

Polisi Ungkap 500 Simpatisan Reuni 212 Sempat Coba ke Monas

Dia menambahkan, "Nah itu yang saya bilang, tolong pelan-pelan sembari diubah perilaku dari masyarakat. Supaya ikut menjaga, jadi mereka bisa gelar itu untuk yoga, mungkin kegiatan atau melintas di Monas yang teduh dan sejuk." 

Sebelumnya, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi tak setuju soal dibukanya pembatas pagar rumput di Monas. Menurut dia, Monas yang jadi salah satu ikon Ibu Kota itu terlihat kumuh setelah rumput-rumput di sana diizinkan untuk diinjak-injak.

8 Fakta Reuni 212, Dilarang di Monas dan Terancam Pidana

"Saya enggak setuju, enggak realistis rumput boleh diinjak-injak. Ini Ibu Kota sekarang kan lihat kumuh," kata Pras di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa, 16 Januari 2018. 

Selain sebagai kawasan wisata, menurut dia, Monas masuk kawasan ring 1. Untuk itu, keamanan dan kebersihan merupakan bagian yang sangat vital. (one)

Asteroid.

Siap-siap Menyaksikan Batu Bercahaya Lewat Usai Subuh

Asteroid raksasa yang ukurannya delapan kali Tugu Monumen Nasional atau Monas akan melintas dekat Bumi lepas azan subuh.

img_title
VIVA.co.id
19 Januari 2022