Curhatan Tukang Becak 'Hidup' di Zaman Ahok

Seorang tukang becak di Jakarta.
Sumber :
  • VIVA/Irwandi

VIVA – Rencana beroperasinya kembali angkutan becak rupanya disambut baik para tukang becak di Jakarta. Suka cita itu juga diungkapkan Sugeng, salah satu tukang becak. Sugeng juga membeberkan deritanya selama becak dilarang beroperasi.

Terpopuler: Ketua BEM UI Dicopot, Susi Pudjiastuti 'Sentil' Mahfud MD 

Akibat larangan becak beroperasi, Sugeng mengaku punya pengalaman buruk yang sulit dilupakan. Sejak menarik becak, Sugeng sudah empat kali terkena razia oleh petugas dari Pemprov DKI Jakarta saat beroperasi di lingkungan Tanah Tinggi.

"Sudah empat kali dibawa, empat kali beli lagi. Dibawa terakhir sekitar September," kata Sugeng.

Tukang Becak Kandang Banteng Putuskan Dukung Prabowo karena Merasa Tidak Ada Perubahan Hidup

Walaupun dia bersama tukang becak lainya hanya menarik di lingkungan Tanah Tinggi, masih saja becak mereka diangkut oleh petugas secara paksa.

"Waktu Gubernur Foke (Fauzi Bowo) mendingan. Kalau pas Ahok (Basuki Tjahaja Purnama) itu benar-benar lah, keterlaluan. Becak saya digaruk. Lagi istirahat dirantai, digaruk,” kata Sugeng.

Prabowo Selesaikan Pembayaran Sekolah Anak-anak Tukang Becak di Purworejo

Bahkan, kata Sugeng, dia pernah ditabrak dengan sengaja dengan menggunakan mobil saat tengah menarik becak lalu becaknya diangkut dengan paksa.

"Saya lagi narik ditabrak. Apa saya harus ngemis? Keterlaluan ini, saya ngomong demi kebenaran. Becak kita beli, eh main ambil-ambil aja," kata Sugeng. (ase)

Sejumlah tukang becak berkumpul di Kudus, Jawa Tengah

Tukang Becak Bakal Dapat Rumah Gratis dari Pemerintah, Sarana-Prasarananya Lengkap

Kementerian PUPR memberikan rumah layak huni kepada masyarakat berpenghasilan rendah, termasuk di dalamnya para tukang becak dan tukang sapu jalanan

img_title
VIVA.co.id
25 Januari 2024