Waspada, Hujan Petir Bakal Landa 21 Provinsi Lima Hari Ini

Waspada Cuaca Ekstrem
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Idhad Zakaria

VIVA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG memprediksi hujan lebat disertai petir dan angin kencang akan mengguncang beberapa wilayah Indonesia, selama lima hari atau pada 18-22 Januari 2018. 

Sembilan Daerah Siaga dan Waspada Cuaca Ekstrem, Menurut BMKG

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat BMKG Hary Tirto Djatmiko menyebutkan, ada 21 provinsi yang diperkirakan akan mengalami hujan lebat dan disertai kilat. Provinsi tersebut di antaranya, Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta. 

Lalu Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewah Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara dan Papua. 

Gerhana Bulan Penumbra Siap Menyapa Malam Ini, Catat Jam dan Lokasinya

Untuk itu, Hary mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati akan dampak peningkatan potensi hujan, mulai pertengahan Januari 2018 ini.  "Diperkirakan potensi banjir, longsor, genangan, banjir bandang dan pohon tumbang turut meningkat," ujar Hary dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, 19 Januari 2018. 

Sementara wilayah perairan Pulau Enggano, perairan Barat Lampung, Selat Sunda bagian Selatan, hingga perairan Selatan Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Barat ketinggian gelombang diperkirakan 2-4 meter. 

BMKG Ungkap 12 Fakta tentang Gempa Bawean, Masyarakat Diminta Waspada Nomor 6 dan 8

Kondisi ini cukup berbahaya bagi para nelayan dan  masyarakat pesisir, antara lain di wilayah Pelabuhan Ratu, Pantai Pangandaran, Pantai Cilacap, Parang Tritis, Pantai Pacitan, dan Pantai Selatan Banyuwangi. 

"Masyarakat diharapkan berhati-hati karena gelombang tinggi di wilayah pesisir Selatan Jawa cenderung meningkat pada sore hingga malam hari," ujarnya. 
 

Kepala BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) Dwikorita Karnawati

Cuaca Ekstrem Diprediksi Terjadi Selama Mudik Lebaran 2024, BMKG Minta Warga Waspada

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, BMKG, memprediksi potensi cuaca ekstrem di Indonesia, masih terjadi selama masa mudik Lebaran 2024. Pemudik diminta waspada.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024