Cuma Modal Satu Tusuk Gigi, Pencuri Ini Raup Rp200 Juta

Z dan S pelaku pembobol ATM
Sumber :
  • VIVA/ Foe Peace

VIVA – Dua orang pria berinisial S dan Z yang merupakan komplotan pencuri pembobol mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) diringkus polisi. Dalam aksinya mereka hanya membutuhkan satu tusuk gigi. Selama dua bulan beraksi di kawasan Tangerang Kota, Banten, mereka telah mengumpulkan sebanyak kurang lebih Rp200 juta.

Polisi Tangkap ART yang Bobol ATM Majikan hingga Puluhan Juta

Tersangka Z bertugas memasang perangkap tusuk gigi. Tusuk gigi ditempelkan ke kartu ATM yang telah dimodifikasi, dengan begitu tusuk gigi bisa mengganjal ATM calon korban.

"Mesin ATM itu nanti eror, Z ini akan mendekati calon korban yang sedang kebingungan karena ATM tertelan, dia berpura-pura membantu, terus mengamati pin ATM yang dimasukkan korban," ucap Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Selasa 23 Januari 2018.

Mesin ATM di Jakut hingga Bekasi Rawan Dibobol, Ini Buktinya

Ketika melihat korbannya geram hingga akhirnya meninggalkan mesin ATM dengan kartu ATM yang tertelan, kemudian keduanya pun melancarkan askinya.

Dengan dibantu S, Z lantas mengeluarkan kartu ATM itu pakai gergaji besi yang telah dimodifikasi sebelumnya. Usai mendapatkan kartu, lantas mereka menguras uang milik korban menggunakan mesin ATM lain yang tak jauh dari lokasi.

Polda Sumut Bongkar Sindikat Pembobolan ATM Antar Provinsi, Bikin Rugi Rp 3 Miliar

Namun, aksi terakhir mereka tak berjalan mulus karena terekam kamera Closed Circuit Television. Tak butuh waktu lama, polisi pun meringkus mereka.

"Imbauan, bagi masyarakat yang mau mengambil uang sebaiknya jangan sendirian, ajak teman suruh menunggu di luar. Dan jangan mudah percaya dengan orang yang tidak dikenal yang mau membantu," ujar dia.

Kini akibat perbuatannya mereka pun harus mendekam di balik jeruji besi. Mereka dijerat Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dan Pemberatan dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya