Nasib Desa Dekat Pusat Gempa Banten, 87 Rumah Ambruk

Lokasi pusat gempa di Banten.
Sumber :
  • BMKG

VIVA – Ternyata gempa dengan magnitude 6,1 Skala Richter yang terjadi di perairan barat daya wilayah Lebak, Banten, Selasa, 23 Januari 2018, telah menyebabkan ratusan rumah di sebuah desa di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mengalami kerusakan parah. Bahkan, ambruk dan dengan tanah.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Kerusakan parah ini terjadi di Desa Cihamerang, Kecamatan Kabandungan. Berdasarkan data yang diterima pihak kantor desa setempat, tercatat ada 285 rumah mengalami kerusakan. 87 rumah di antaranya ambruk dan rata dengan tanah.

"Sementara ini warga yang rumahnya ambruk telah mengungsi ke rumah tetangga dan saudaranya terdekat," kata Kepala Desa Cihamerang, Dedih Hermawan, Rabu, 24 Januari 2018.

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang

Dedih mengatakan, meski secara administrasi masuk wilayah Kabupaten Sukabumi. Tapi, dilihat dari letaknya, wilayah Desa Cihamerang, disebut merupakan desa yang berada paling dengan pusat gempa.

"Hanya 17 kilometer dari pusat gempa di Lebak," ujarnya.

Gempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

Selain rumah warga, sejumlah fasilitas layanan umum seperti Puskesmas dan balai desa, juga mengalami kerusakan. Sementara itu, sejauh ini pihak desa sudah mendirikan tenda-tenda untuk mengungsikan warga.

Dedih mengaku korban gempa membutuhkan bantuan, terutama kebutuhan pokok seperti makanan dan air. Sejauh ini belum ada bantuan yang tiba di desa ini.

Laporan Rizki Gustana dari Sukabumi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya