SBY dan AHY Akan Tur Jawa Timur untuk Khofifah-Emil

Sekretaris Partai Demokrat Jawa Timur, Renville Antonio, di Surabaya pada Jumat, 26 Januari 2018.
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY dan putranya, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, dipastikan turun ke Jawa Timur untuk menyosialisasikan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak. Kunjungan SBY itu bertajuk Tour de Jatim.

Gerindra Hanya Rekom Khofifah sebagai Cagub Jatim, Emil Tak Pasti jadi Cawagub

"Kami awal Februari nanti dipanggil Pak SBY ke Jakarta untuk menjadwalkan kunjungan Pak SBY ke Jawa Timur," kata Sekretaris Tim Pemenangan Khofifah-Emil, Renville Antonio, di kantor Partai Demokrat Jatim di Surabaya pada Jumat, 26 Januari 2018.

Dia menjelaskan, dua bintang Partai Demokrat itu akan berkeliling Jawa Timur sekira empat hari. Menggunakan jalur darat dengan mobil, SBY dan AHY akan berbagi titik sosialisasi. "Mungkin nanti Mas AHY akan berdampingan dengan Mas Emil karena memang sasarannya (calon pemilih) generasi muda," ujar Renville.

Khofifah: Kita Doakan Oktober Mendatang Presiden ke-8 Prabowo Dilantik

AHY dan Emil kemungkinan akan berkeliling menemui masyarakat Arek dan Madura. "Kalau Pak SBY bersama Pakde Karwo kemungkinan akan berkeliling dengan Ibu Khofifah di kawasan Mataraman, karena Pak SBY dan Pakde Karwo di Mataraman jadi legenda di sana," ujar Sekretaris Demokrat Jatim itu.

Setelah berhenti dari jabatan Menteri Sosial, Khofifah kian intensif turun menyosialisasikan diri sebagai calon gubernur Jatim. Pada Jumat, misalnya, dia menghadiri acara ribuan kiai, bu nyai dan santri di Pesantren Darul Karomah Gunung Jati, Desa Kramat, Kecamatan Karton, Kabupaten Pasuruan.

Khofifah: Anggota KPPS Pejuang Demokrasi, Berkat Mereka Pemilu Sukses

"Bu Khofifah ini santrinya Gus Dur yang sejati, santrinya Gus Dur yang tidak neko-neko. Beliau terbukti menjadi ketua umum Muslimat NU empat periode. Ini menunjukkan bahwa beliau tidak diragukan lagi. Ijo njobo njero (hijau luar dalam/kader NU tulen)," kata pengasuh pesantren, KH Jazuli Munif. 

Di Pilgub Jatim, Khofifah-Emil diusung oleh Demokrat, Golkar, Hanura, Nasdem, PPP, PAN, dan PKPI. Rivalnya ialah Saifullah Yusuf alias Gus Ipul-Puti Guntur yang diusung PKB, PDI, Gerindra, dan PKS. Kompetisi politik Jatim ini selalu bersinggungan dengan Nahdlatul Ulama. Maklum, Khofifah maupun Gus Ipul sama-sama kader NU. (mus)

Pemabaran hasil survei ARCI soal Pilgub Jatim 2024 di Surabaya.

Simulasi 3 Nama Pilgub Jatim Versi ARCI: Khofifah Unggul, Dibayangi Cak Imin dan Risma

Berdasarkan popularitas figur, Khofifah juga unggul.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024