Waspada Cuaca Ekstrem Melanda Indonesia Tiga Hari ke Depan

Waspada cuaca ekstrem melanda Indonesia.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

VIVA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi cuaca ekstrem yang melanda Indonesia pada tiga hari ke depan. Cuaca ekstrem ditandai dengan peningkatan intensitas hujan disertai angin kencang, yang juga berdampak pada peningkatan tinggi gelombang dan berpotensi menimbulkan puting beliung.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, mengimbau masyarakat di wilayah Indonesia agar siaga dengan situasi cuaca tiga hari ke depan yang berpotensi menimbulkan dampak lebih dari biasanya.

"BMKG dengan ini menyampaikan kepada masyarakat bahwa dalam 3 hari ke depan akan ada peningkatan intensitas hujan disertai angin kencang yang juga berdampak pada peningkatan tinggi gelombang, serta dapat berpotensi menimbulkan puting beliung," kata Dwikorita dalam keterangan persnya, Sabtu, 27 Januari 2018.

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

BMKG memantau adanya dua bibit siklon tropis, yaitu di Samudra Hindia Selatan Jawa dan Barat Daya Bengkulu pada tanggal 26 November 2017. Bibit siklon tropis tersebut mengakibatkan terbentuknya pola belokan angin (shear) dan konvergensi di wilayah Indonesia.

Hal ini akan berdampak pada peningkatan tinggi gelombang, hujan lebat, angin kencang, maupun potensi puting beliung di daerah sekitarnya.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

Selain itu, terdapat aliran massa udara basah dari Barat dan Utara yang cukup luas dari Samudra Hindia yang mengakibatkan peningkatan curah hujan di sebagian besar Sumatra, Jawa, dan Kalimantan.

BMKG juga memperkirakan bahwa dalam beberapa hari ke depan terdapat peningkatan potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di beberapa wilayah, antara lain:

Pulau Sumatra : Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kep. Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Bangka Belitung, Lampung.

Pulau Jawa : Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB dan NTT.

Pulau Kalimantan : Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah bagian Selatan, Kalimantan Timur bagian Selatan, Kalimantan Selatan

Pulau Sulawesi: Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat dan Papua. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya