Supermoon, Ketinggian Air Laut Sampai 1,4 Meter

Cantik, Supermoon Pertama di Tahun 2018
Sumber :
  • REUTERS/Mike Segar

VIVA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau, masyarakat di pesisir pantai untuk mewaspadai dampak fenomena supermoon atau gerhana bulan total (GBT). Fenomena ini diprediksi terjadi pada, Rabu 31 Januari 2018.

Terpopuler: Cara Jitu Singkirkan Lemak Tubuh, Manfaat Berhubungan Seks Malam Hari

Kepala Bidang Observasi BBMKG Wilayah IV Makassar, Ikhsan mengatakan, ketinggian pasang air laut di setiap wilayah berbeda tergantung karakteristik pesisir pantai. Diperkirakan pasang air laut mencapai 1,4 meter.

Menurut Ikhsan, pasang air laut bisa saja menyebabkan banjir rob atau genangan air laut di daratan. Untuk itu, pihaknya mengimbau warga pesisir pantai untuk selalu waspada.

Bulan akan Terlihat Paling Besar dan Terang

"Di Makassar, pasang air laut maksimum 1,4 meter. Banjir rob bisa saja terjadi tergantung karekteristik pasir, landai atau berstruktur miring. Di Makassar rata-rata tidak landai," kata Ikhsan, di Makassar, Minggu, 28 Januari 2018.

Menurutnya, potensi banjir rob oleh fenomena supermoon diprediksi terjadi mulai tanggal 29 Januari hingga 2 Februari. Hanya saja, kata Ikhsan, tidak ada yang bisa memastikan bagaimana dampak fenomena supermoon itu. "Kami mengimbau masyarakat pesisir untuk waspadai potensi banjir rob," kata Ikhsan.

Jadwal Kenampakan Blue Moon yang Terjadi Besok di Indonesia

Supermoon merupakan fenomena di mana Bulan terlihat bulat penuh dengan kondisi lebih besar dan paling terang dari biasanya. Fenomen supermoon tahun ini dinilai spesial. Sebab, fenomena alam itu terjadi bersamaan antara bulan purnama dengan gerhana bulan total. (mus)

Bulan Purnama Dingin.

Ada Bulan Purnama Dingin Jelang Tutup Tahun 2023

'Cold Moon', juga dikenal sebagai 'Long Night's Moon' atau Bulan Purnama Dingin, menurut Farmers Almanac, terjadi pada 26 Desember 2023.

img_title
VIVA.co.id
14 Desember 2023