Penjelasan Jokowi, Fotonya Jadi Makmum di Afghanistan Viral

Foto Jokowi jadi imam dan makmum saat kunjungan ke Afghanistan
Sumber :
  • Ist

VIVA – Pada Selasa 30 Januari kemarin, video yang dirilis Sekretariat Presiden sempat membuat viral. Karena Presiden Joko Widodo tampak menjadi imam salat. Di mana makmumnya, di antaranya Presiden Afghanistan Ashraf Ghani dan sejumlah ulama setempat.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

Namun, di media sosial kembali ramai, tatkala muncul sebuah foto Jokowi yang menggunakan topi khas negara itu, justru menjadi makmum. Berdiri di samping Presiden Ashraf Ghani, dan diimami oleh seorang ulama setempat.

Perdebatan kemudian menjadi ramai, terutama setelah akun twitter Rocky Gerung membalas cuitan akun lain menyikapi dua foto itu. Namun, akun lain seperti intelektual muda dan politisi PDI Perjuangan Zuhairi Misrawi menyebut kalau foto Jokowi menjadi makmum.

Menteri LHK: Pembangunan Tak Boleh Terhenti Atas Nama Deforestasi

Menyikapi perdebatan itu, Jokowi tidak menampik kalau kedua foto itu adalah benar. Dia memang menjadi makmum saat Salat Zuhur. Diimami oleh ulama setempat.

"Yang pertama, itu kan salat zuhur, imamnya dari imam masjid di sana. Kemudian, kita ingin jamak takdim melanjutkan ke ashar, saya maju (ke tempat imam), ya biasa lah. Apa sih yang diramaikan? Apa?" kata Presiden Jokowi, di Istana Negara, Jakarta, Rabu 31 Januari 2018.

Menko Luhut Ingatkan Visi Poros Maritim Dunia Harus Terealisasi

Sebelumnya, pertemuan bilateral Presiden Joko Widodo dengan Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani, di Kabul pada Senin 29 Januari 2018 berlangsung hangat. Sejumlah kerja sama di berbagai bidang pun dibahas oleh kedua kepala negara tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi dan Presiden Ashraf Ghani juga melakukan pertukaran cenderamata yang telah dipersiapkan keduanya. Bahkan, Jokowi dipersilakan menjadi imam salat, dimakmumi Presiden Ashraf dan beberapa pejabat pemerintahan kedua negara.

Kepada Jokowi, Ashraf memberikan cenderamata medali keberanian dan Jokowi memberikan Peci yang merupakan simbol muslim dan juga kebudayaan di rumpun Melayu. Keduanya pun menyematkan langsung cenderamata tersebut.
 
Dengan menggunakan jubah dan medali kehormatan, Jokowi pun tampak mengimami salat dalam kesempatan tersebut. Usai salat Jokowi pun menyempatkan diri untuk bertemu dengan para siswa Islamic Center yang menjadi binaan pemerintah Indonesia. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya