Jelang Gerhana Bulan Total, Banjir Rob Mulai Muncul

Dampak bencana banjir rob yang menimpa kawasan pesisir pantai di Kepulauan Selayar Sulawesi Selatan, Rabu (31/1/2018)
Sumber :
  • VIVA/Yasir

VIVA – Bencana banjir rob menghantam pesisir pantai di Kabupaten Kepulauan Selayar Sulawesi Selatan, Rabu, 31 Januari 2018.

2 Gerhana di Ramadhan 2024 Tanda Datangnya Imam Mahdi? Ini Kata Buya Yahya

Kejadian ini sebagai dampak menjelang munculnya fenomena gerhana bulan total yang diprediksi akan terjadi sekira pukul 18.48 WIB.

"Air laut tiba-tiba naik, hingga menggenangi pemukiman. Sejumlah perahu nelayan juga ikut terseret," ujar seorang warga bernama Ibnu Hajar.

Deretan Fenomena Bulan Purnama Tahun Ini

Banjir rob ini diketahui terjadi di wilayah Patikarya dan daerah Tile-tile Kecamatan Bontosikuyu serta daerah pesisir barat di Dusun Boneria, Desa Baratlambongan Kecamatan Bontomatene.

Menurut Kepala Bidang Observasi Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah IV Makassar Ikhsan, kemunculan banjir rob itu sebagai dampak dari kemunculan gerhana total.

Jam Berapa Gerhana Bulan Sebagian Bisa Dilihat di Indonesia Hari Ini?

Air laut diperkirakan memang akan lebih tinggi dari biasanya. "Pengaruh supermoon memang mulai terasa dari 29 Januari hingga 2 Februari," katanya.

Pantura Waspada

Tanggul darurat di Perumahan Pantai Mutiara, Penjaringan, Jakarta Utara.
Sementara itu di pesisir Pantai Utara Pulau Jawa, peringatan akan munculnya bencana banjir rob juga telah diterbitkan.

Peringatan ini juga seiring akan terjadinya puncak gerhana bulan total pada Rabu malam, 31 Januari 2018. "Masyarakat yang berada di pesisir pantai atau wilayah tinggalnya dekat pantai agar, waspada akan banjir rob dan angin kencang," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tangerang, Agus Suryana.

Sejauh ini untuk langkah antisipasi, BPBD menyebut telah menyiagakan sejumlah petugasnya di lokasi rawan wilayah Utara.

Mereka terbagi di tiga posko yakni di Kecamatan Kosambi, Mauk dan Kresek. Termasuk tiga unit perahu juga telah disiagakan.

"Kita imbau juga, untuk masyarakat lebih baik jangan terlalu ke tengah laut mengingat sedang pasang," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya