Tiga Gempa Guncang Bali, Maluku dan Sulawesi Utara

Peta satelit Pulau Bali.
Sumber :
  • VIVA.co.id/googlemap

VIVA – Tiga gempa mengguncang Indonesia dalam jangka waktu berdekatan, gempa terjadi di perairan Pulau Bali, Kepulauan Aru di Maluku dan wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow di Sulawesi Utara.

Gempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

Dalam informasi gempa terkini di situs resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, ketiga gempa terjadi dalam waktu kurang dari 10 jam, Jumat, 2 Februari 2018.

Gempa terbaru terjadi di perairan Pulau Bali, terjadi pukul 12.59.14 WIB. Magnitude gempa 4,8 Skala Richter, lokasi gempa berada di laut sekitar 57 kilometer arah timur laut Kabupaten Karangasem atau berada pada titik koordinat 7.98 Lintang Selatan, 115.88 Bujur Timur. Pusat gempa berada pada kedalaman 57 kilometer.

Jepang Cabut Peringatan Tsunami Imbas Gempa Taiwan

Meski magnitude gempa masih di bawa 5 SR, tapi BMKG menyebut guncangan gempa dirasakan di Pulau Lombok dan sebagian Pulau Bali.

Beberapa menit sebelumnya, yakni pada pukul 12:43:34 WIB, gempa juga mengguncang Kepulauan Aru. BMKG mencatat, magnitude gempa 5,5 SR. Lokasi gempa berada pada titik koordinat, 5.29 LS 133.91 BT atau berjarak 123 kilometer barat laut Kepulauan Aru. Pusat gempa berada di kedalaman 90 kilometer.

Kemlu Pastikan Tidak Ada WNI yang jadi Korban Gempa 7,4 SR di Taiwan

Lima jam sebelumnya, sekitar pukul 07:20:40 WIB, gempa dengan magnitude 5,6 SR mengguncang Kabupaten Bolaang Mongondow, Provinsi Sulawesi Utara. Lokasi gempa berada pada koordinat 0.22 LS 125.22 BT, pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer.

BMKG menyatakan, ketiga gempa tidak sampai memicu gelombang tsunami. Dan hingga saat ini, belum ada laporan resmi tentang dampak kerusakan akibat guncangan gempa itu.

Bangunan rubuh di Taiwan usai dilanda gempa

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang

Tim penyelamat Taiwan mencari 18 orang yang masih hilang pada Jumat, 5 April pasca gempa bumi yang terjadi pada Rabu lalu.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024