KPK Resmi Umumkan Zumi Zola Sebagai Tersangka

Gubernur Jambi Zumi Zola
Sumber :
  • ANTARA Foto/Sigid Kurniawan

VIVA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengumumkan resmi penetapan Gubernur Jambi, Zumi Zola, sebagai tersangka. Dia dijerat atas kasus suap dan gratifikasi terkait proyek-proyek di Provinsi Jambi.

Adik Mantan Bupati Lampung Utara Diduga Cawe-cawe Pemenang Proyek

"Menetapkan ZZ sebagai tersangka," kata Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat, 2 Februari 2018.

Basaria menjelaskan bahwa penetapan tersebut berdasar hasil gelar perkara pihaknya atas pengembangan kasus yang telah masuk penyelidikan. Namun berdasarkan bukti permulaan yang cukup, akhirnya Zumi Zola ditingkatkan statusnya ke penyidikan.

Memalukan, Anggota DPRD Jambi Nyaris Baku Hantam saat Paripurna

Dugaan suap dan gratifikasi yang disangkakan kepada Zumi Zola, senilai Rp6 miliar.

Selain Zumi, KPK juga menetapkan tersangka terhadap Plt Kadis PUPR Jambi Arfan dalam perkara ini. Atas perbuatan Zumi dan Arfan, keduanya dijerat menggunakan Pasal 12B atau Pasal 11 Juncto Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUHP.

KPK Akan Periksa Anies, Wagub Riza: Saya Tidak Ingin Mencampuri

Dalam kasus suap pengesahan APBD Provinsi Jambi, KPK sebelumnya juga telah menjerat empat orang tersangka, yakni anggota DPRD Provinsi Jambi Supriyono, Plt Sekda Jambi Erwan Malik, Plt Kadis PUPR Jambi Arfan, dan Asisten Daerah III, Syaifuddin.

Dalam kasus yang bermula dari operasi tangkap tangan ini, KPK pun telah mengamankan uang sebesar Rp4,7 miliar dari total suap yang diduga mencapai Rp6 miliar.

Pada Rabu, 31 Januari, tim penindakan KPK menggeledah Rumah Dinas Zumi Zola terkait kasus yang menjeratnya. (one)

 Ilustrasi sidang di pengadilan.

Eks Kadis Bina Marga Sumut Divonis Bebas Kasus Korupsi APBD

Mantan Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) Sumut, M Armand Effendy Pohan dinyatakan tidak bersalah melakukan korupsi anggaran pemeliharaan jalan

img_title
VIVA.co.id
22 Februari 2022