Kronologi dan Cerita Menag Disengat Ikan Pari

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin
Sumber :
  • Media Center Haji (MCH) 2017

VIVA – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin disengat ekor Ikan Pari saat di Pulau Sangalaki, Kalimantan Timur pada Sabtu, 3 Februari 2018. Kondisi Lukman saat ini sudah membaik dan sudah dalam perjalanan pulang ke Jakarta.

Bikin Bingung, Ikan Pari Dihamili Hiu Berumur 1 Tahun

Lukman pun menceritakan dirinya bisa sampai tersengat ikan pari. Pada Sabtu kemarin, 3 Februari 2018, ia dan keluarga bermaksud ingin ke Pulau Maratua. Tapi, berhubung cuaca hujan lebat disertai ombak besar, akhirnya sementara singgah ke Pulau Sangalaki sambil menunggu cuaca membaik. Di Pulau ini, Lukman dan keluarga menunggu sekitar dua jam.

"Kami bersiap menuju Pulau Kakaban. Ketika hendak naik boat, dan permukaan air laut masih sebatas betis, tiba-tiba ikan pari menyengat bawah mata kaki di atas tumit kaki kanan saya," kata Lukman dalam keterangannya, Minggu, 4 Februari 2018.

Ikan Pari Jawa Punah, Tragedi Lingkungan Akibat Ulah Manusia

Dia menjelaskna, saat ikan pari menyengat terjadi sekitar pukul 11.15 WITA. Karena mengalami kejadian tak terduga, Lukman pun kembali menuju Puskesmas ke Derawan.

Ia memuji sikap cekatan tim medis Puskesmas Derawan dalam menangani lukanya. Akibat sengatan tersebut, politikus PPP tersebut mengalami pendarahan.

Kematian Tragis Steve Irwin Pembawa Acara Satwa Liar yang Tewas Tertusuk Ikan Pari

Karena melihat kondisi luka Lukman, akhirnya Puskesmas Derawan merujuknya ke RSUD Berau. "Terjadi pendarahan yang cukup banyak pada luka. Saat itu juga diputuskan untuk dibawa ke RSUD Berau," ujarnya menambahkan.

Begitu tiba di RSUD Berau, Lukman langsung mendapatkan perawatan intensif dari pihak dokter rumah sakit. Kondisinya kini sudah membaik dan hendak dalam perjalanan pulang dari Balikpapan menuju Jakarta.

"Alhamdulillah, saya dalam kondisi baik. Saat ini saya dalam perjalanan dari Berau menuju Jakarta via Balikpapan," ujarnya.

Tak Ingin Buat Repot

Lukman mengatakan, bersama keluarga sering berlibur ke Pulau Derawan. Bila tak mendapat musibah disengat Ikan Pari, ia dan keluarga berencana ke Labuan Cermin di wilayah Kaltim.

Kejadian Lukman bisa sampai tersengat Ikan Pari membuat publik heran. Namun, kata dia, memang bersama keluarga sudah sering liburan ke daerah pedalaman atau terluar dari wilayah Tanah Air. Ia juga terbiasa tak memberikan informasi kepada siapapun juga.

"Kami tidak ingin merepotkan banyak pihak dan tidak ingin ada protokoler dalam kegiatan pribadi selama liburan," ujarnya menambahkan.

Meski disengat Ikan Pari, ia menekankan hal tersebut sebagai kecelakaan. Tak perlu ada pihak yang disalahkan dalam kejadian ini. Baginya, kecelakaan ini karena dirinya kurang hati-hati. Lukman juga tak kapok untuk bepergian ke obyek wisata di Kaltim.

"Kecelakaan ini sama sekali tidak membuat saya kapok untuk suatu saat nanti bisa berkesempatan kembali ke tempat-tempat lokasi wisata yang indah itu, khususnya ke Labuan Cermin, Biduk-Biduk yang belum sempat saya singgahi." (mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya