Menilik Para Prajurit Tempur Wanita Digembleng

Sebanyak 62 siswa Bintara Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) digembleng latihan Berganda Secaba TNI Angkatan Darat di Pangalengan, Kabupaten Bandung, pada 5-8 Februari 2018.
Sumber :
  • VIVA/Dede Idrus

VIVA – Sebanyak 62 siswa Bintara Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) digembleng latihan Berganda Secaba TNI Angkatan Darat di Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada 5-8 Februari 2018.

Anggota TNI Serda Archia Febra Raih Penghargaan Usai Taklukan Selat Sunda Sejauh 39 Kilometer

Namun, sebelum terjun, calon prajurit tempur wanita itu dibina lebih dulu selama empat bulan di Pusat Pendidikan Kowad di Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Menurut Komandan Pusat Pendidikan Kowad Kodiklat TNI AD, Kolonel Tetty Melina, selama lebih empat bulan itu, calon prajurit diberikan pendidikan teori supaya mereka paham saat turun langsung ke lapangan.

Wanita Kembar Siam Dempet Kepala Menikah dengan Mantan Tentara AS

Menilik Para Prajurit Tempur Wanita Digembleng

"Ini di Pangelangan adalah aplikasi pelajaran teori yang dapat di sini (Pusat Pendidikan Kowad) selama empat bulan setengah. Kita juga cek kesehatan mereka, karena semua kalau sehat akan melakukan dengan baik," kata Tetty.

5 Negara yang Masih Terapkan Wajib Militer: Kehormatan, Kewajiban, atau Pelanggaran HAM?

Tetty juga memeriksa peralatan yang dibawa para siswa, seperti alat penyamaran, sepatu, dan senjata. Dia berharap selama latihan Berganda para siswa bisa melaksanakan dengan maksimal. 

Setelah latihan Berganda, para calon prajurit itu dikembalikan ke Pusat Pendidikan Kowad. Selanjutnya tinggal menunggu penutupan latihan pada 15 Februari. Dalam momen itu, mereka disumpah sebagai prajurit dan berpangkat sersan dua. (ase)

VIVA Militer: Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto

4 Sosok Jenderal Bintang 4 Kelahiran Tanah Sunda, Pernah Jadi KSAD dan Panglima TNI

Keempat prajurit TNI yang berasal dari wilayah Sunda telah meniti karir cemerlang dalam dunia militer. Prestasi mereka sangat moncer dengan pangkat jenderal bintang empat

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024