Siaga Ciliwung Menggulung

Sungai Ciliwung meluap, sejumlah wilayah di Jakarta kebanjiran.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Peringatan bencana banjir merebak di Ibu Kota. Gelombang air berwarna cokelat pekat kini tengah meluncur dari wilayah hulu di Bogor Jawa Barat.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Dipastikan, dalam beberapa jam, air yang menggulung di sepanjang Sungai Ciliwung ini akan menerjang apa pun yang ada di depannya.

Sejumlah video penampakan derasnya air Ciliwung tersebar massal di media sosial. Para pengunggahnya mengingatkan agar mereka yang berada di lintasan Sungai Ciliwung untuk berhati-hati.

40 RT dan 5 Ruas Jalan Jakarta Masih Terendam Banjir

"Waspada banjir di sepanjang bantaran Sungai Ciliwung," tulis Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di akun twitter-nya, Senin, 5 Februari 2018.

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

Analisis BNPB, setidaknya ada 28 kelurahan yang mesti bersiaga akan potensi bencana banjir itu. Di kawasan Jakarta Selatan, yakni Kelurahan Pondok Labu, Pengadegan, Pejaten Timur, dan Kebon Baru.

Sementara untuk Jakarta Timur yakni Kelurahan Cawang, Kampung Melayu, Cililitan, Rawa Terate, Cipinang Melayu, dan Bidara Cina. Sedangkan untuk Jakarta Barat yakni Kelurahan Tegal Wulu.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku telah mensiagakan sejumlah petugas. Jalur air yang akan melintasi Jakarta juga telah dibuka untuk meredam ketinggian air yang mungkin akan menggenang.

"Jangan sampai kita panik. Kita waspada dan antisipasi kondisi-kondisi yang mungkin muncul akibat air dari hulu," ujarnya.

Sejauh ini, sejumlah warga yang berpotensi terdampak bencana banjir telah dievakuasi. Pemantauan terhadap ketinggian muka air juga terus dimaksimalkan untuk mengantisipasi tindakan yang diperlukan. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya