Longsor di Puncak, Satu Korban Tewas dan Seorang Kritis

Evakuasi tanah longsor di Puncak Bogor
Sumber :

VIVA – Satu orang korban tewas dalam peristiwa tanah longsor di kawasan Puncak, Bogor, Senin 5 Februari 2018. Adapun satu korban yang sebelumnya dikabarkan tewas, ternyata kritis dan masih menjalani perawatan di RSUD Cimacan.

Badai Ekstrem Landa Brasil, 10 Orang Tewas

Fakta tersebut diterima, setelah ratusan personil gabungan TNI-Polri  mengevakuasi di lokasi bencana tanah longsor yang juga melanda juga melanda wilayah puncak Cianjur.

Kepala Penerangan Korem 061/SK, Mayor Inf Lukman Hakim mengungkapkan, bencana tanah longsor itu tak hanya terjadi di wilayah Bogor. Tetapi, juga melanda kawasan Puncak, Cipanas, Cianjur.

Pemkab Garut Berlakukan Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

"Danrem 061/SK, Kolonel Inf M Hasan, Kapolres Bogor, dan Kapolres Cianjur telah berada di lokasi bencana, untuk mempercepat koordinasi dan komunikasi dalam penanganan bencana tersebut," kata Mayor Lukman kepada VIVA, Senin.

Lukman menyebutkan, berdasarkan data yang dimiliki sedikitnya enam orang warga menjadi korban dalam musibah itu. "Satu orang meninggal dunia, satu orang kritis, dan empat orang luka-luka dan sudah di evakuasi ke RS Cimacan, Cianjur," ujar dia.

Ibu dan Dua Anak Tertimbun Longsor di Garut, Petugas Kesulitan Lakukan Evakuasi

Untuk mempercepat evakuasi material longsor di lokasi bencana ratusan personel TNI/Polri masih siaga di lokasi. "100 personel dari Armed 5, 100 personel dari Brimob, dan 50 Kodim. Hingga saat ini, di lokasi bencana masih di lakukan evakuasi dan pembersihan material longsor yang menutupi badan jalan," tambahnya.

Bencana tanah longsor itu mengakibatkan arus lalulintas dari kedua arah, baik dari arah Cianjur menuju Puncak atau pun sebaliknya ditutup dan dialihkan melalui jalur alternatif via Jonggol dan Sukabumi.

VIVA Militer: Prajurit Kopasgat TNI AU evakuasi korban banjir dan longsor Luwu

Helikopter Carakal TNI AU Dikerahkan Evakuasi Korban Banjir dan Tanah Longsor Kabupaten Luwu

Helikopter TNI AU itu diterjunkan untuk mengevakuasi ratusan orang dari tiga desa terisolir dampak banjir dan tanah longsor yang terjadi di Kabupaten Luwu

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024