Pemerintah Cemas Asian Games Terganggu Kebakaran Hutan

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution.
Sumber :
  • Chandra Gian Asmara/VIVA.co.id

VIVA – Pemerintah mengkhawatirkan penyelenggaraan Asian Games pada Agustus dan September 2018 akan terganggu kebakaran hutan di Sumatera. Terutama sekali karena salah satu tuan rumah hajatan olahraga terbesar se-Asia itu digelar di Palembang, Sumatera Selatan.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Provinsi itu banyak lahan kebun sawit dan rawan kebakaran hutan setiap musim kemarau.

"Apabila saat Asian Games terjadi kebakaran dan (bencana) asap, maka tak hanya mengganggu Asian Games, tapi juga mempertaruhkan kredibilitas Indonesia di dunia internasional," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution di Jakarta pada Selasa, 6 Februari 2018.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Darmin menyitir pengumuman Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang memprakirakan musim kemarau 2018 akan menjadi masa kering. Dampaknya ialah risiko kebakaran hutan dan lahan kian meningkat.

Ia menekankan pembagian fokus kerja aparat dalam mengantisipasi hal itu, sambil menghadapi perhelatan besar lain pada 2018, yaitu pemilihan kepala daerah serentak. Pembagian prioritas kerja itu akan mengefektifkan penanganan risiko kebakaran hutan dan lahan serta pilkada serentak.

Ketika Sambo Tinggalkan Jejak di Jakarta dan Palembang

"Diharapkan kepala daerah, komandan TNI/Polri di lapangan, selalu waspada dan ambil langkah pencegahan," ujarnya.

Darmin dalam kesempatan itu memimpin Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di Istana Negara. Rapat dihadiri para kepala daerah, petinggi kepolisian, serta pimpinan TNI dari dua belas daerah rawan kebakaran hutan.

Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie juara BAC 2024

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Jonatan Christie sang juara badminton Indonesia tidak hanya memukau publik dengan kelincahannya di lapangan. Ia pun menginspirasi banyak orang dengan kisah dermawannya.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024