BMKG: Selain Hujan, Waspada Angin Kencang dan Gelombang Laut

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (tengah) dalam konferensi pers tentang kondisi cuaca Jabodetabek.
Sumber :
  • VIVA/Bobby Andalan

VIVA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memprediksi musim hujan masih terjadi pada Februari hingga Maret 2018. Hujan bukan hanya akan mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya, tetapi juga beberapa kota di Indonesia.

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Bahkan, dikatakan Kepala BMKG Prof. Dr. Dwikorita Karnawati, beberapa wilayah yang berpotensi terjadi hujan sedang-lebat dalam seminggu ke depan, yaitu sekitar 6 hingga 12 Februari 2018.

"Terjadinya di Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Pulau Jawa bagian selatan, sebagian besar Kalimantan, sebagian besar Sulawesi, NTT, dan sebagian besar Papua," kata Dwikorita dalam konferensi pers di kantor BMKG di Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa 6 Februari 2018.

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

Selain hujan lebat, diprediksi juga akan terjadi angin kencang dengan kecepatan melebihi 20 Knot. Angin tersebut berpotensi terjadi di beberapa wilayah di  meliputi Laut Cina Selatan, Laut Natuna, Riau, Kep. Riau, Laut Jawa, Laut Banda, Samudera Hindia Selatan Jawa Tengah NTB, dan Laut Arafuru.

"Potensi angin kencang tersebut, berdampak pada peningkatan gelombang laut dengan tinggi gelombang 2,5 sampai 6 meter di Perairan Utara Kepulauan Anambas Natuna, Perairan Utara Singkawang, Laut Cina Selatan, Dan Laut Natuna Utara," kata dia.

BMKG 'Tak Berkedip Mata' Pantau Potensi Tsunami Imbas Erupsi Gunung Ruang
Gunung Ruang di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, terpantau diselimuti awan kabut dari atas KM Bimasena yang digunakan oleh Tim Kantor SAR Manado mengevakuasi warga setempat, Rabu, 18 April 2024.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

BMKG mengingatkan warga agar mewaspadai potensi terjadinya tsunami akibat erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Kabupaten Sitaro, Sulut

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024