Pemotor Hilang di Lokasi Longsor Puncak, Ditemukan Spakbor

Tim SAR melanjutkan pencarian tiga pengendara sepeda motor yang dilaporkan hilang dan tertimbun longsor di kawasan Riung Gunung, Puncak, Bogor, Jawa Barat, pada Rabu, 7 Februari 2018.
Sumber :
  • VIVA/Muhammad AR

VIVA – Tim SAR melanjutkan pencarian tiga pengendara sepeda motor yang dilaporkan hilang dan tertimbun longsor di kawasan Riung Gunung, Puncak, Bogor, Jawa Barat, pada Rabu 7 Februari 2018.

Banjir Bandang-Tanah Longsor Terjang Sumbawa, Puluhan Rumah Warga Terendam

Tim pencari menelusuri laporan itu berdasarkan keterangan seorang pengemudi angkot yang mengaku mendengar teriakan minta tolong beberapa saat setelah bencana longsor. Teriakan itu tak terdengar lagi setelah material longsoran menutupi jalan dan kendaraannya.

Tak berapa lama sebelum longsor itu, si pengemudi angkot mendahului atau menyalip tiga pengendara sepeda motor, setelah melintasi jembatan Riung Gunung.

Kawasan ASEAN Dilanda 36 Bencana Minggu Lalu, Indonesia dan Malaysia Paling Terdampak

Sesudah beberapa jam pencarian, tim SAR hanya menemukan spakbor sepeda motor. "Tapi itu belum tahu apakah itu motor korban atau bukan," kata Kepala Polres Bogor, Ajun Komisaris Besar Polisi Andi Moch Dicky, kepada VIVA.

Pencarian para korban itu sejak hari pertama kejadian longsor pada Senin lalu. Tetapi tim SAR selalu terkendala cuaca karena lokasi kerap hujan dan berkabut. Ditambah material longsor setebal 20 meter menutupi beberapa titik lokasi. Tim sudah mengerahkan dua alat berat dan beberapa anjing pelacak.

Tanah Longsor di China, 47 Orang Terjebak di Runtuhan Bangunan

"Dan hari ketiga ini kita optimalisasi untuk pencarian. Pencarian korban cukup sulit karena situasi cuaca, tanah lembab, dan medan yang cukup curam, serta masih menunggu operator alat berat," kata Dicky.

Selain itu juga ada jalan yang kondisinya kritis karena keropos di bagian bawah. Pada bagian atasnya tampak masih utuh tetapi di bawah sudah tergerus. Kondisi tanah semacam itu tak hanya rawan, apalagi terus-menerus diguyur hujan, tetapi juga getaran atau goncangan kendaraan membahayakan jalan. (ren)

Dampak Banjir Bandang di Pesisir Selatan

BNPB: 30 Warga Sumbar Meninggal Akibat Banjir dan Tanah Longsor, 6 Hilang

Kepala BNPB Suharyanto mengatakan data terakhir bencana banjir dan longsor di Sumatera Barat, sebanyak 30 orang dinyatakan meninggal dunia dan 6 hilang

img_title
VIVA.co.id
12 Maret 2024