Meski Anggaran Besar, Pendidikan RI Perlu Berkaca ke Vietnam

Ilustrasi gedung pendidikan/Sebuah gedung sekolah dasar terdampak banjir bandang di Kabupaten Limapuluh Kota, Sumtera Barat, pada Kamis, 24 Agustus 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andri Mardiansyah

VIVA – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menyebut bahwa anggaran yang dialokasikan untuk sektor pendidikan di Indonesia, saat ini sudah melampaui anggaran untuk pertahanan serta pembangunan infrastruktur. Anggaran untuk bidang pendidikan saat ini telah melebihi Rp400 triliun. Sementara itu, pertahanan dan infrastruktur, ada di kisaran Rp100 triliun.

Jokowi Revisi APBN 2023, Anggaran Pendidikan Naik Jadi Rp 624,25 Triliun

"Anggaran pendidikan memang banyak, lebih dari Rp400 triliun. Anggaran (Kementerian) PU untuk jalan dan jembatan segala macam hanya Rp100 triliun kurang lebihnya, begitu juga pertahanan," ujar JK, berbicara dalam acara Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan di Pusdiklat Kemendikbud, Depok, Jawa Barat, Rabu, 7 Februari 2018.

Menurut JK, dengan anggaran sebesar itu, Indonesia hingga saat ini baru berhasil sepenuhnya dalam memperbaiki kualitas infrastruktur pendidikan seperti bangunan sekolah. Sementara itu, kualitas pendidikannya belum dapat digenjot secara optimal.

Kesetaraan Pendidikan Terasa Bila 20 Persen Anggaran Digunakan Maksimal

JK menyampaikan bahwa Indonesia perlu berkaca kepada Vietnam, di mana anggaran pendidikan mereka lebih kecil. Namun, negara itu bisa mencetak lulusan pendidikan yang lebih siap bersaing di dunia internasional.

"Kenapa dengan anggaran yang naik terus per tahun, kita belum mengalami kenaikan-kenaikan yang signifikan di bidang pendidikan dibanding negara-negara lain?" ujar JK.

Jokowi Alokasikan 20 Persen dari RAPBN 2021 untuk Anggaran Pendidikan
Direktur Jenderal Pendidikan Islam M Ali Ramdhani

Kado Awal 2024, Rp4,385 Triliun Dana BOS Madrasah dan BOP RA Cair

Pedoman Teknis Pengelolaan BOS Madrasah dan BOP RA sudah tersedia dalam Pusaka Superapps dan laman https://bos.kemenag.go.id atau https://erkam.kemenag.go.id/.

img_title
VIVA.co.id
14 Januari 2024