Ketika Presiden PKS dan Habib Salim Ikut Vaksin Difteri

Presiden PKS Sohibul Iman saat vaksin difteri.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Jajaran elite Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjalani program vaksinasi difteri di kantor dewan pimpinan pusat (DPP). Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mohamad Sohibul Iman dan Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al Jufri ikut program ini.

Kabupaten Garut KLB Difteri, Ini Tanda Gejala dan Cara Pencegahannya

Sohibul menekankan pihaknya hanya ingin mendukung dan menyukseskan program Outbreak Response Immunization (ORI) vaksinasi difteri. Pentingnya dilakukan ini karena sebagai antisipasi bakteri penyebab difteri sudah melanda sejumlah daerah Indonesia.

"PKS tidak anti vaksin, program ini dibuat untuk memberikan penyadaran kepada seluruh masyarakat tentang pentingnya vaksinasi difteri ini," ujar Sohibul Iman dalam keterangannya kepada VIVA, Rabu, 7 Februari 2018.

Softbank Batal Investasi di IKN, Fraksi PKS: Jangan Perbesar APBN

Kata dia, tak hanya kader pengurus DPP dan Majelis Syuro PKS, dalam program vaksin difteri ini, masyarakat umum juga ikut berpartisipasi. Sohibul menegaskan vaksin yang dilakukan pihaknya juga sudah dikonsultasikan kepada Dewan Syariah Pusat. Dari kajian tersebut diputuskan bahwa vaksinasi difteri aman dilakukan.

"Kami sudah melakukan kajian konsultasi dengan Dewan Syariah Pusat, terkait status hukum vaksinasi ini," kata Sohibul.

Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al Jufri saat vaksin difteri.

Foto: Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al Jufri. Sumber: Dok. PKS

Mencuatnya kasus difteri membuat Kementerian Kesehatan aktif menggalakkan program vaksinasi termasuk untuk orang dewasa. Penggalakkan program ini untuk mengurangi kemungkinan penyebaran kasus difteri.

Tak hanya di daerah, namun bakteri penyebab difteri ini juga dikhawatirkan menyerang warga ibu kota yang dianggap sudah memiliki standar pelayanan lebih baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya