Sidang Dakwaan Fredrich Yunadi Bakal Digelar Hari Ini

Tersangka kasus merintangi penyidikan korupsi KTP Elektronik Fredrich Yunadi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta akan menggelar sidang perdana terhadap Fredrich Yunadi, Kamis, 8 Februari 2018. Mantan kuasa hukum Setya Novanto itu akan mendengarkan pembacaan surat dakwaan Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi.

Setya Novanto Dapat Remisi Idul Fitri, Masa Tahanan Dipotong Sebulan

Sidang terhadap tersangka kasus merintangi penyidikan perkara korupsi proyek pengadaan e-KTP itu, rencananya dimulai sekitar Pukul 10.00 WIB. "Sesuai dengan penetapan (sidang dibuka) jam 10 pagi," kata jaksa KPK, Takdir Suhan saat dikonfirmasi melalui pesan singkat.

Sementara itu, Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, pihaknya akan menguraikan dakwaaan dalam kasus merintangi penyidikan kasus korupsi proyek pengadaan e-KTP yang dilakukan Fredrich. "Kami akan uraikan semua hal yang relevan dengan dugaan perintangan atau menghalangi penanganan perkara e-KTP ini," kata Febri.

Diperiksa Kasus E-KTP, Eks Mendagri Gamawan Fauzi Bantah Kenal Tanos

Pihak KPK akan datang ke Pengadilan Tipikor Jakarta dengan membawa Fredrich. "Kami harapkan semua pihak kooperatif dengan proses persidangan ini," ujar Febri.

Sebelumnya, Fredrich telah mengajukan permohonan praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Namun, sidang yang telah dibuka pada Senin, 5 Februari 2018 tersebut ditunda lantaran KPK tidak hadir. Dengan masuk pokok perkara di Pengadilan Tipikor, permohonan Fredrich di praperadilan terancam gugur.

Hakim Tolak Gugatan Fredrich Yunadi Terhadap Setya Novanto

Fredrich bersama dokter Rumah Sakit Medika Permata Hijau Bimanesh Sutarjo ditetapkan sebagai tersangka merintangi penyidikan kasus korupsi proyek e-KTP. Mereka diduga memanipulasi data medis Setya Novanto untuk menghindari pemeriksaan KPK.

Fredrich juga diduga telah mengondisikan RS Medika Permata Hijau sebelum Novanto mengalami kecelakaan mobil bersama mantan kontributor Metro TV Hilman Mattauch, pada 16 November 2017.

Menkumham Yasonna Laoly saat konferensi AALCO di Nusa Dua, Bali

Yasonna Dorong Forum Pengembalian Aset Korupsi Century dan e-KTP di Forum AALCO

Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly mengatakan, Indonesia punya pengalaman pengembalian aset hasil pidana korupsi dari luar negeri.

img_title
VIVA.co.id
20 Oktober 2023