Ayunan Sungai Ini Lebih Seram dari Jembatan Indiana Jones

Tiga anak sekolah menyeberangi sungai pakai seluncuran.
Sumber :
  • Repro Twitter

VIVA – Perjuangan anak-anak di Pulau Jawa menyeberangi sungai melalui jembatan berjuluk Indiana Jones, sudah sangat berbahaya.

Pintu Apung di Titanic Terjual Seharga Rp11,3 Miliar dalam Lelang

Nama anak-anak sekolah Indonesia pernah membuat geger dunia dengan keberanian mereka menyeberangi sungai melalui jembatan kecil yang dijuluki jembatan Indiana Jones.

Tapi ternyata, ada alat menyeberangi sungai yang lebih seram, mengerikan dan berbahaya dibandingkan jembatan Indiana Jones. Alat itu ditemukan di sebuah wilayah di Provinsi Sulawesi Selatan.

VIDEO: Wawancara Eksklusif VIVA dengan Mads Mikkelsen, Bintang Indiana Jones and The Dial of Destiny

Keberadaan alat ini menjadi buah bibir setelah sebuah video penampakan alat itu beredar di media sosial. Alat disebut bernama seluncuran, meski jika dilihat dari rekaman video, alat itu tampak lebih mirip sebuah ayunan.

"Beberapa adik-adik kita di Sulawesi Selatan nampak terlihat sedang ingin berangkat ke sekolah dengan menyebrangi sungai menggunakan alat seluncuran yang dibuat warga sekitar sendiri. Sangat berbahaya !!!," tulis Daniel L. Sinaga seperti dikutip VIVA dari akun Twitternya, Kamis, 8 Februari 2018.

Indiana Jones and The Dial of Destiny Jadi Akhir Petualangan Harrison Ford Sebagai Indy Jones

Seluncuran ini dibuat warga setempat karena di wilayah ini tidak ada fasilitas jembatan yang bisa dipakai anak-anak untuk menyeberangi menuju sekolahnya.

Seluncuran atau ayunan itu terbuat dari batangan besi yang dilas menyerupai bangku ayunan gantung yang biasa ada di taman kanak-kanak. Hanya saja tiang-tiang dibentuk dengan pola segitiga.

Pada ujung atas ayunan dibuat besi menyerupai gelang, fungsinya sebagai kait utama ke tali-tali yang dibentangkan melintangi luas sungai. Dilihat dari bentuknya, ayunan ini hanya bisa dinaiki oleh anak-anak saja. Karena ukurannya kecil.

Dari rekaman video, terlihat sejumlah anak sekolah memanfaatkan ayunan itu untuk menyeberangi sungai berair deras. Cara kerjanya, ayunan digantung di tali yang dipasang membentangi sungai. Dengan posisi salah satunya sisinya lebih tinggi.

Lalu, jika ada anak yang ingin menyeberangi sungai, temannya akan menarik ayunan yang berada di seberang sungai dengan seutas tali yang telah diikatkan di bagian bawah ayunan.

Setelah itu, tiga anak naik dan duduk dalam formasi dua anak duduk di bangku utama ayunan dan seorang anak duduk di bangku samping. Setelah itu, mereka mulai berpegang erat pada tali dan tiang ayunan. Lalu, ayunan itu didorong dan meluncur kencang menuju seberang sungai.

Dalam video itu terlihat ayunan ini benar-benar berbahaya, sebab saat ayunan meluncur di tali, ayunan terlihat berputar-putar tanpa terkendali dan jika anak yang menumpanginya lengah, maka tidak menutup kemungkinan akan jatuh ke dasar sungai. Mirisnya, di dasar sungai dipenuhi batu-batu besar.

Berikut video ayunan:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya