Kecelakaan Tanjakan Emen, Manajemen Bus Diperiksa Polisi

Bus pariwisata yang terguling di tanjakan Emen, Subang.
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Polisi akan memeriksa manajemen bus pariwisata Premium Passion, Senin, 12 Februari 2018. Pemeriksaan terkait kasus kecelakaan maut bus itu akhir pekan lalu di Tanjakan Emen Kabupaten Subang, Jawa Barat. 

Tangis Keluarga Pecah saat Terima 12 Jenazah Korban Kecelakaan Maut KM 58

"Kami terus lakukan penyelidikan, panggilan ke pihak manajemen hari ini," ujar Kapolres Subang. Ajun Komisaris Besar Polisi Muhammad Joni, dalam wawancara dengan tvOne, Senin pagi, 12 Februari 2018.

Dalam pemeriksaan itu, menurut dia, akan terungkap apakah pihak manajemen yang mengizinkan bus untuk melanjutkan perjalanan atau tidak. Sebab, sebelum kecelakaan terjadi, bus sempat mengalami masalah oli bocor pada rem.

12 Korban Kecelakaan Maut di KM 58 Tol Japek Teridentifikasi, Ini Daftarnya

Menurut Muhammad, bus tersebut layak jalan. Namun, saat di daerah Setiabudi, Subang,  bus mulai mengalami gangguan. Sopir dan kondektur bus mencoba menghubungi manajemen. Mereka lantas ambil kesimpulan untuk memperbaiki sendiri. "Supaya olinya tidak bocor pada rem tersebut, mereka memotong selang dan menambalnya dengan baut," ujarnya.

Muhammad mengungkapkan, sopir tersebut tidak memperkirakan medan yang akan dihadapi di Subang berupa tanjakan dan turunan. Sebelum tiba di lokasi kejadian, bus mengalami oleng lalu sopir berusaha mengerem. 

3 Korban Luka Kecelakaan Maut Bus Rosalia Indah Masih Dirawat di RSI Kendal, Begini Kondisinya

Saat itu, kepala bus berada di badan jalan sementara bagian belakang di tebing. Bus lantas menabrak motor dan rambu lalu lintas. "Ada beberapa penumpang terlempar keluar bus," ujarnya.

Kecelakaan maut terjadi di tanjakan Emen, Subang, Jawa Barat, Sabtu, 10 Februari 2018, sekitar pukul 17.30 WIB. Akibatnya, 27 orang tewas. Para korban sebagian besar warga Pisangan, Ciputat, Kota Tangerang Selatan. Mereka baru pulang dari Lembang, Bandung, Jawa Barat. (ren)

Polisi mendatangi lokasi kecelakaan. Foto ilustrasi.

2 Motor Adu Banteng di Kembangan Jakbar, 1 Orang Tewas

Pemicu kecelakaan maut itu karena pengendara motor PCX berinisial RR terlalu mengambil jalur kanan sehingga melawann arah dengan pemotor lain. Tabrakan maut pun terjadi.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024