Manuver Sopir saat Detik-detik Kecelakaan Maut Tanjakan Emen

Bus pariwisata yang terguling di tanjakan Emen, Subang.
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Sopir bus pariwisata Premium Passion, Amirudin, dinilai coba menghentikan bus sebelum terguling di Tanjakan Emen, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Dari olah tempat kejadian perkara, Amir menurunkan kecepatan.

Operasi Keselamatan 2024 Rampung, Catat 372 Orang Tewas Karena Kecelakaan

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat, Dedi Taufik, menjelaskan dari evaluasi bersama setelah olah TKP, Amir berusaha menurunkan kecepatan yang pada saat itu dalam posisi gigi empat.

Saat kejadian, Amir menurunkan kecepatan hingga merusak rambu rambu lalu lintas. Upayanya untuk membuat bus agar tidak berbenturan hebat pada tebing tinggi, meski berakhir dengan memakan korban jiwa.

Korlantas Polri Beri Bantuan ke Bocah SD yang Kecelakaan hingga Kaki Kanan Diamputasi

"Berdasarkan evaluasi kemarin, angkutan jalan sudah terpasang dengan baik karena boarding light kami juga ditabrak. Berarti dia coba menghindar dan dia masuk ke tebing untuk mengurangi kecepatan," kata Dedi di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin, 12 Februari 2018.

Tidak hanya itu, Dishub Jabar juga akan mengusut soal fungsi pengereman bus tersebut. Dari pemeriksaan, kondisi mesin dan kelengkapan lainnya dalam keadaan baik dan layak.

Utamakan Keselamatan, Ini Tips Aman Berkendara Sepeda Motor

"Sudah ada upaya dari sopir untuk mengurangi gigi. Dia menabrak PJU dan papan rambu-rambu, sehingga dia masuk ke tebing kalau dilihat dari kejadian," tuturnya.

Bus maut tersebut mengangkut wisatawan, mengalami kecelakaan di Tanjakan Emen, Subang, Sabtu, 10 Februari 2018. Insiden maut itu terjadi saat bus pariwisata nopol F 7959 AA yang dikemudikan A datang dari arah Bandung menuju arah Subang.

Bus membawa rombongan wisatawan Koperasi Simpan Pinjam Permata Ciputat, Tangerang Selatan.

Saat di Tanjakan Emen, bus melaju tak terkendali hingga menabrak sepeda motor matic bernopol T 4382 MM yang kemudian kembali menabrak tebing sebelah kiri jalan hingga terguling di bahu jalan.

Akibat kejadian ini, sebanyak 27 orang tewas dan lainnya mengalami luka. Seluruh korban tewas saat ini sudah dievakuasi dan dibawa ke keluarganya masing-masing. Untuk korban luka-luka masih dalam tahap perawatan di beberapa rumah sakit. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya