Geger, Muncul Ulat Aneh Mirip Monster di Sumbar

Ulat aneh yang ada di salah satu pohon di tepi jalan di Kabupaten Agam.
Sumber :

VIVA – Warga di Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, digegerkan dengan kemunculan ulat berbentuk mirip monster. Binatang itu menyerang daun di pohon dan tanaman hingga habis.

Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi Terjang Permukiman Warga

Ulat aneh berbentuk monster itu sudah menyerang tanaman warga sejak sepekan terakhir di wilayah Jorong Kampuang Nan Limo, Nagari Kubang Putiah, Kecamatan Banuhampu.

Tak ada yang mengetahui apa jenis ulat itu dan seberapa bahaya bagi manusia. Ulat itu diketahui memiliki panjang tubuh tiga sampai lima sentimeter. Badannya berwarna merah kecokelatan dan memiliki kepala mirip semut.

Posko Siaga Gunung Marapi Mulai Didirikan

Anehnya, pada bagian ujung dekat kepala terdapat empat kaki panjang yang lebih panjang dari kaki yang ada di belakangnya. Dan, pada bagian ekor terlihat terangkat seperti kalajengking.

"Saya baru pertama kali melihat jenis ulat ini. Bentuknya agak aneh. Panjangnya sekitar tiga hingga lima sentimeter. Sudah sepekan, ulat ini menyerang pohon pelindung dan tanaman warga," kata petugas keamanan MTSN Kubang Putiah, Doni, Rabu 14 Februari 2018.

Usai Tikus dan Kutu Busuk, Kini Paris Didatangi Wabah Ulat Bulu

Warga, lanjut Doni, terutama para petani sangat berharap instansi terkait segera mengambil tindakan. Karena, jka dibiarkan dapat berdampak buruk terhadap keberlangsungan tanaman warga.

"Warga berharap, instansi terkait mau turun kelapangan, memantau perkembangan dan mengatasi serangan ulat aneh ini. Warnanya ada kuning, cokelat, dan hitam dengan bentuk kepala mirip kepala semut," kata Doni.

Antisipasi dan penanganan terhadap ulat ini, kata Doni, juga diharapkan bukan hanya untuk menyelamatkan tanaman, namun juga bagi kesehatan warga, terutama bagi anak-anak. Karena, jika tersentuh, mungkin saja bisa menimbulkan efek gatal-gatal, bahkan lebih dari itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya