Cuaca Panas Landa Aceh

Suasana di Kota Banda Aceh, NAD.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ampelsa

VIVA – Suhu cuaca di Provinsi Aceh, dalam beberapa hari ini terasa lebih panas. Ditambah lagi, hujan tak kunjung mengguyur. Akibatnya, suhu panas meningkat pada siang hari.

2023 Dinobatkan Jadi Tahun Paling Panas Karena Suhu Bumi Terus Naik, Dampaknya Bikin Nangis!

Menurut Kepala Seksi  Data dan Informasi BMKG Stasiun Blang Bintang, Aceh, Zakaria, cuaca panas terjadi akibat dampak adanya siklus cuaca rutin tahunan alias pancaroba atau masa peralihan dari satu musim ke musim berikutnya.

"Dalam musim pancaroba ini gejala cuaca yang ditimbulkan, hujan semakin berkurang kalaupun ada hujan yaitu hujan lokal dengan durasi yang singkat dan intensitas ringan hingga sedang, suhunya naik dengan suhu maksimalnya berkisar antara 30 derajat celsius sampai 33 derajat celsius, kecepatan angin berkisar antara 5 - 40 km/ jam,” kata Zakaria, Rabu, 14 Februari 2018.

Cuaca Panas Indonesia Jadi Tantangan Timnas Spanyol U-17 di Piala Dunia

BMKG memperkirakan cuaca seperti ini akan berlangsung hingga akhir bulan Februari atau awal Maret. Pada pertengahan bulan Maret hingga awal bulan April akan ada sedikit penambahan curah hujan di sejumlah daerah di Aceh.

Menurutnya, hal ini disebabkan karena pada tanggal 23 Maret 2018, posisi matahari tepat digaris khatulistiwa, maka ada sejumlah daerah di Aceh terpengaruh terhadap fenomena ini.

Cuaca Panas Bisa Percepat Penuaan Dini, Dokter Sarankan Lakukan Perawatan Ini

Dalam ilmu meteorologi disebut dengan daerah equatorial. Ada peningkatan curah hujan di saat matahari berada pada garis equator (garis edar matahari).

BMKG Aceh mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan agar mengkonsumsi buah dan air yang banyak agar tidak terjadi dehidrasi.

Ilustrasi badai/topan.

Suhu Laut Mendatang Bakal Meningkat, Diperkirakan Akan Ada Badai Hebat dan Cuaca Ekstrem

Ketika suhu laut mencapai puncak baru yang berbahaya, para ahli memperingatkan tingkat akumulasi panas yang belum pernah terjadi sebelumnya akan memicu reaksi yang hebat.

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024