Menteri Tjahjo Tanggapi Curhatan Gaji Kecil Kepala Daerah

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

VIVA – Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, enggan berkomentar banyak mengenai curahan hati Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey yang mengeluhkan gaji kecil kepala daerah.

Jokowi Lantik Olly Dondokambey Jadi Gubernur Sulut

Menurut Tjahjo, keluhan tersebut bisa disampaikan langsung kepada Presiden RI Joko Widodo dalam Rakernas Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Bandung, Kamis 22 Februari 2018.

"Terserah, sampaikan saja nanti (ke Jokowi) , kan ada Gubernur Jabar (Ahmad Heryawan) dan Ketua APPSI (Syahrul Yasin Limpo)," tutur Tjahjo Rabu Malam, 21 Februari 2018 

Intip Gaji dan Hak ASN Kontrak alias PPPK Dibanding PNS

"Sampaikan ada hambatan apa di daerah apakah ada kebijakan pusat mengganggu daerah atau menghambat pertumbuhan PAD (Pendapatan Asli Daerah)," ujarnya menambahkan.

Sebelumnya, Olly mengeluhkan gaji kepala daerah yang kecil kepada Komisi Pemberantasan Korupsi beberapa waktu lalu. Kecilnya gaji tersebut bisa mendorong kepala daerah melakukan korupsi. 

Survei: Bila Head To Head, Olly Dondokambey Bisa Kalah di Pilgub Sulut

Sementara itu Yasin Limpo memastikan, tidak akan membahas terkait keluhan gaji pada Rakernas yang digelar. Rapat koordinasi ini hanya membahas soal penguatan ekonomi perdagangan. 

"Saya kira tidak dalam konteks itu, Rakernas beda dengan organisasi lain kita harus fokus. Kemarin kita tentang pengawasan dan sudah kita lakukan," ujarnya. (mus)
 

Ilustrasi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS.

Aturan Baru PNS Soal Ketentuan Masuk Kerja hingga Hukuman Berat

Perubahan ketentuan disiplin PNS dari PP 53/2010 menjadi PP 94/2021 di antaranya pada pengertian mengenai masuk kerja.

img_title
VIVA.co.id
19 September 2021