Longsor Timbun Petani di Brebes, 11 Orang Hilang

Longsor di Brebes, Jawa Tengah.
Sumber :
  • Dok. BNPB

VIVA – Bencana tanah longsor kembali terjadi di Jawa Tengah. Longsor terjadi saat tidak turun hujan di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Kamis, 22 Februari 2018, pukul 08.00 WIB.

Viral Detik-detik Pria Selamat dari Timbunan Tanah Longsor, Telat Sedikit Nyawa Tak Tertolong

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, longsor terjadi di hutan produksi milik Perhutani BKPH Salem petak 26 RPH Babakan.

Longsor menimbun petani yang sedang bekerja di sawahnya. Longsor dari perbukitan turun menuruni lereng mengikuti kontur tanah dan gravitasi, sehingga menerjang sawah di bawahnya.

BNPB: 30 Warga Sumbar Meninggal Akibat Banjir dan Tanah Longsor, 6 Hilang

"Data sementara, terdapat 14 orang luka-luka dan berhasil diselamatkan. Diduga ada 11 orang yang masih tertimbun longsor. Korban selamat saat ini dirawat di Puskesmas Bentar Desa Pasir Panjang," kata Sutopo, dalam keterangan tertulisnya, Kamis 22 Februari 2018.

Menurut dia, saat ini aparat dari TNI, Polri, BPBD, Camat Salem, PMI, SAR, relawan setempat dan masyarakat membantu evakuasi. Adapun pencarian korban yang tertimbun longsor belum dapat dilakukan saat ini.

Banjir Bandang-Tanah Longsor Terjang Sumbawa, Puluhan Rumah Warga Terendam

"Material longsor masih bergerak sehingga membahayakan petugas. Material longsor cukup tebal dan luas. Masyarakat dilarang berada di lokasi longsor untuk mengantisipasi longsor susulan," ujarnya.

Di wilayah Kecamatan Salem sudah beberapa hari ini intensitas hujan cukup deras, sehingga menutup titik-titik mata air yang berada di wilayah hutan Perhutani Gunung Lio. Kondisi ini menyebabkan beban air tanah bertambah dan menyebabkan longsor.

Longsor menutup akses jalan provinsi antara Kecamatan Salem menuju Kecamatan Banjargarjo Kabupaten Brebes, sehingga tidak dapat dilalui. Posko darurat berlokasi di rumah Abidin Rt.04/01 disiapkan. Pendataan masih dilakukan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya