Longsor Brebes, Lima Tewas dan 18 Warga Masih Hilang

Longsor di Brebes, Jawa Tengah.
Sumber :
  • Dok. BNPB

VIVA – Tim SAR gabungan hingga saat ini masih fokus pada upaya pencarian, penyelamatan dan evakuasi korban longsor di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah.

Gempa M 6,1 Guncang Pasaman Barat, BNPB: 2 Meninggal, 20 Luka-luka

Data sementara dampak longsor adalah lima orang meninggal dunia, 18 orang hilang dan 14 orang luka-luka. Semua korban sudah dikenali identitasnya. 

"18 orang yang hilang diduga tertimbun longsor dan hanyut ke Sungai Cigunung," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan resminya, Kamis 22 Februari 2018. 

BNPB: Daerah-daerah yang Punya Isoter Rendah, Kematiannya Tinggi

Dia menjelaskan, Tim SAR gabungan yang terdiri dari dari BPBD, TNI, Polri, Basarnas, Satpol PP, Polhut, PMI, Tagana, relawan, NGO dan masyarakat belum bisa melakukan evakuasi korban karena medan yang sangat sulit. Saat ini penyisiran sepanjang sungai untuk mencari korban hanyut lainnya juga dilakukan.

"Sesuai prosedur, pencarian akan dilakukan selama tujuh hari. Jika belum ditemukan maka akan dilanjutkan tujuh hari berikutnya. Tidak mudah mencari korban tertimbun longsor karena kondisi lapangan," ujar Sutopo menambahkan.

510 Rumah Rusak Akibat Diterjang Angin Kencang di Yogyakarta

Dia mengungkapkan, kendalanya adalah adanya potensi longsor susulan, material tanah gembur, luas, tebal dan cuaca yang berpotensi hujan. Saat ini, pencarian dilakukan secara manual karena alat berat belum dapat digunakan. 

"Pencarian akan menyesuaikan situasi dan kondisi di lapangan. Jika gelap, apalagi hujan maka pencarian akan dihentikan sementara." (mus)

Banjir terjadi di Serang, Banten

BNPB: 3 Warga Meninggal dan 2 Hilang Akibat Banjir di Serang

Sebanyak 2.413 KK yang tinggal di 2.413 rumah masih terdampak banjir dengan tinggi muka air (TMA) antara 50-200 sentimeter.

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2022