Soal Pengganti Buwas di BNN, Polri Masih Tutup Mulut

Mantan Kepala BNN Komjen Pol Budi Waseso
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Kepolisian RI masih enggan mengungkap nama-nama calon pengganti Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Budi Waseso. Padahal, pada Maret 2018, Buwas akan memasuki masa pensiun.

BNN Temukan Narkotika Jenis Baru, Berupa Serbuk Kulit Kayu Alami

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Polisi Mohammad Iqbal, meminta publik bersabar. Menurutnya, semua keputusan calon tersebut ada di tangan Presiden Joko Widodo dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.

"Tunggu saja. Kapolri dan Presiden yang punya domain itu," ujar Iqbal di Mabes Polri, Jakarta, Kamis 22 Februari 2018.

Mengenal Copsffee, Kopi Produksi Kepolisian RI dan Pertama di Dunia

Namun dia menegaskan, Polri telah mempersiapkan beberapa nama calon Kepala BNN. Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini menyebut, calon tersebut diyakini merupakan perwira terbaik Polri yang mempunyai integritas dan kapabilitas.

"Sudah dipersiapkan perwira tinggi terbaik. Ini kaitannya kalau kita bersatu bergandengan tangan memberantas narkoba. (Punya) Integritasnya, kapabilitasnya, profesionalitasnya, jadi parameter pemilihan itu," kata dia.

Kronologi BNN Tangkap 107 Orang Pakai Narkoba di Golden Crown

Meski belum diungkap, beberapa nama telah beredar. Menurut Indonesia Police Watch, ada tiga nama yang berpotensi menggantikan Budi Waseso.

Mereka adalah Kepala Bareskrim Polri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto, Asisten Operasi Kapolri Irjen Muhammad Iriawan, dan Deputi Pemberantasan BNN Arman Depari.

Belakangan juga muncul nama Heru Winarko yang saat ini ditempatkan menjadi Deputi Penindakan KPK. Hingga kini, tak ada bantahan maupun pembenaran Polri atas nama-nama tersebut. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya