Sri Mulyani: 8 Juta Orang Selamat dari Sabu 1,6 Ton di Batam

Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Menteri Keuangan Sri Mulyani meninjau barang bukti penyelundupan sabu-sabu seberat 1,6 ton di Batam, Kepulauan Riau, pada Jumat, 23 Februari 2018.
Sumber :
  • VIVA/Berton Siregar

VIVA – Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian dan Menteri Keuangan Sri Mulyani meninjau langsung barang bukti penyelundupan sabu-sabu seberat 1,6 ton di dermaga Pelabuhan Sekupang, Batam, Kepulauan Riau, pada Jumat 23 Februari 2018.

Berhasil Gagalkan Penyelundupan Sabu, 2 Prajurit Pulanggeni Kopasgat TNI AU Dapat Penghargaan

Narkoba itu hasil penangkapan terhadap sebuah kapal berbendera Singapura, di perairan Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau, pada Selasa 20 Februari 2018. Sebagian barang bukti akan dibawa ke Jakarta untuk dimusnahkan, sebagian yang lain ditinggalkan di Batam.

"Narkotika ini segera akan dibawa ke Jakarta, sebagian akan ditinggalkan untuk proses pengadilan, dan nanti di Jakarta barang ini akan segera dimusnahkan," kata Tito.

TNI AL Bekuk Penyelundup Kristal Haram dari Malaysia Senilai 19 Miliar di Pulau Siondo

Sri Mulyani mengapresiasi aparat Bea dan Cukai yang bekerja sama dengan Polri, yang berhasil menggagalkan upaya penyelundupan sabu-sabu di Anambas. Dia menaksir, penggagalan penyelundupan itu berarti telah menyelamatkan sedikitnya delapan juta warga Indonesia dari bahaya narkoba.

"Satu sisi, saya sangat prihatin, mengingat banyaknya narkotika ini dikirim ke Indonesia, dan satu sisi, saya merasa bangga penyelundupan ini berhasil dilaksanakan oleh tim gabungan Bareskrim Polri dan Bea Cukai, sehingga delapan juta jiwa warga negara Indonesia dapat diselamatkan dari penggunaan narkoba jenis sabu-sabu," ujarnya.

Oknum Polisi yang Diamankan Usai Pesta Narkoba di Depok Ternyata Kakak Adik

Dia menyebut, upaya penyelundupan sabu-sabu dari luar negeri ke Indonesia meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2017, aparat menggagalkan penyelundupan sabu-sabu dengan total 2,1 ton, sementara pada 2018, hingga Februari saja sudah 2,9 ton sabu-sabu.

Penangkapan lain

Dalam kesempatan itu, Tito mengonfirmasi bahwa aparatnya dan tim Bea Cukai menangkap lagi satu kapal di perairan Kepulauan Riau pada Jumat. Belum dipastikan apakah kapal itu mengangkut narkoba atau barang lain, tetapi aparat sedang menggiring kapal itu ke Karimun.

"Iya, benar, ada ditangkap dan sedang dalam perjalanan menuju Karimun, Kepuluan Riau, mudah-mudahan berisi narkoba. Nanti, pasti akan kita informasikan ke teman-teman media," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya