Satu Jenazah Wanita Ditemukan di Lokasi Longsor Brebes

Longsor di Brebes, Jawa Tengah.
Sumber :
  • Dok. BNPB

VIVA – Tim pencari dan penyelamat gabungan atau SAR, kembali menemukan satu jenazah di lokasi bencana tanah longsor di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

KBRI Pastikan Tak Ada WNI jadi Korban Bencana di Korea Selatan

Dengan ditemukannya satu korban, maka hingga hari kedua pencarian, tim SAR gabungan telah berhasil menemukan tujuh korban meninggal dunia dan masih mencari 13 korban lainnya.

Menurut Koordinator Humas Badan SAR Nasional Jateng, Zulhawary, pencarian tak mudah, karena lokasi bencana masih rawan diterjang longsor susulan, apalagi sejak pagi lokasi terus diguyur hujan.

Longsor di Ekuador, 7 Orang Tewas dan Puluhan Orang Hilang

"Sampai sore ini baru satu orang yang ditemukan. Pencarian dihentikan mengingat lokasi hujan deras. Hal ini menyebabkan operasi ditutup lebih cepat karena dikhawatirkan terjadi longsor susulan dikarenakan tanah yang masih labil," kata Zulhawary, Jumat, 23 Februari 2018.

Satu orang korban ditemukan oleh tim SAR gabungan teridentifikasi bernama Wartinah (46 tahun), warga Desa Ciputih. Sementara ada satu korban meninggal di Rumah Sakit Majenang bernama Carki (53 tahun), warga Desa Pasir Panjang.

Longsor Sumedang: 36 Korban Tewas dan 4 Orang Masih Hilang

Zulhawary menuturkan, data jumlah korban hilang juga masih simpang siur, bisa saja jumlah korban hilang kurang dari 13 atau malah lebih.

"Ada juga dua orang warga yang sebelumnya dikabarkan hilang ternyata selamat dan sudah kembali ke rumah. Keduanya adalah Deswa dan Ajid warga Pasir Panjang dan Desa Bentar, " katanya.

Proses evakuasi akan dilanjutkan Sabtu, 24 Februari 2018 . Adapun lokasi pencarian difokuskan di dua sektor. Pertama area persawahan yang sebelumnya ditemukan korban pertama. Di area itu kemungkinan masih banyak korban yang tertimbun. Selain area persawahan juga di sekitaran bantaran Sungai Cilewung.

Bencana longsor di Pasir Panjang  terjadi pada pukul 08.00 WIB. Runtuhan material longsor berasal dari perbukitan Gunung Lio hutan produksi milik Perhutani BKPH Salem. Longsor diakibatkan hujan yang terus mengguyur kawasan itu. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya