Gempa Guncang Dolok Sanggul-Samosir, Tak Terkait Sinabung

Gunung Sinabung
Sumber :
  • travelblog.org

VIVA – Wilayah Dolok Sanggul dan Samosir, Provinsi Sumatera Utara diguncang gempa tektonik berkekuatan 4,4 skala richter pada Sabtu, 24 Pebruari 2018, pukul 08.17.14 WIB.

Gunung Kidul Yogyakarta Diguncang Gempa, Getaran Terasa hingga Pacitan

Hasil analisis Badan Meteorologi, Kliamtologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa episenter gempa terletak pada koordinat 2,34 LU dan 98,76 BT, tepatnya di darat pada jarak 10 km arah Timur laut Dolok Sanggul atau 32 km arah Baratdaya Samosir pada kedalaman hiposenter 16 km .

Berdasarkan analisis peta tingkat guncangan (shakemap) dan laporan masyarakat, tampak gempa bumi ini dirasakan di Doloksanggul dan Samosir dalam skala intensitas II MMI.

Top Trending: Arti Gempa Bulan Ramadhan Menurut Primbon Jawa, Jayabaya Ramalkan Pulau Jawa Ini

Meskipun gempa ini dirasakan lemah tetapi banyak warga yang merasa resah bertanya-tanya dan mengkaitkan dengan aktivitas Toba. Mengingat beberapa hari lalu terjadi erupsi Gunung Sinabung yang cukup signifikan.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa ini tidak terkait aktivitas vulkanisme. Gempabumi memiliki episenter yang terletak pada jalur Sesar Besar Sumatra (The Great Sumatran Fault), tepatnya pada segmen Renun bagian selatan," kata Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono dalam keterangan persnya, Sabtu, 24 Februari 2018.

Baru Terjadi, Ini Arti Gempa di Bulan Ramadhan Menurut Primbon Jawa

Menurut Daryono, karakteristik gelombang gempa (seismic signal) juga menunjukkan bahwa gempa yang terjadi murni gempa tektonik. Sementara itu, catatan seismogram juga menunjukkan adanya selisih waktu tiba gelombang primer dan sekunder selama 5 detik.

"Ini bukti bahwa gempa yang terjadi akibat adanya aktivitas penyesaran dan bukan vulkanisme," ujarnya.

Dari kedalaman hiposenternya gempa bumi ini juga menunjukkan jenis gempa bumi tektonik kerak dangkal (shallow crustal earthquake) akibat sesar aktif. Oleh sebab itu, Daryono mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak bertanggung jawab.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya