Ditemukan Potongan Kepala dan Kaki di Lokasi Longsor Brebes

Tim SAR mengevakuasi korban longsor di Brebes, Jawa Tengah.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA – Sejumlah potongan anggota tubuh ditemukan tim SAR gabungan saat mengevakuasi korban tertimbun longsor di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. 

BNPB: 30 Warga Sumbar Meninggal Akibat Banjir dan Tanah Longsor, 6 Hilang

Memasuki pencarian hari ketiga pada Jumat, 24 Februari 2018, sejumlah korban dalam kondisi tak utuh ditemukan di sejumlah titik pencarian. Di antaranya, potongan kepala, dada, tangan kiri.

Tim SAR bersama relawan kembali menemukan potongan kaki sebelah kanan pada pukul sembilan dan potongan tangan kanan pada pukul sebelas. Salah satu potongan tubuh ditemukan dua kilometer dari titik longsor, tepatnya sekitar aliran sungai Desa Pasir Panjang.

Banjir Bandang-Tanah Longsor Terjang Sumbawa, Puluhan Rumah Warga Terendam

Menurut Koodinator Hubungan Masyarakat Basarnas Jawa Tengah, Zulhawary, potongan-potongan tubuh itu sedang diidentifikasi oleh tim Antemortem Polda Jawa Tengah. Proses evakuasi berlangsung cukup sulit mengingat hujan yang telah mengguyur pada pagi hingga siang.

Total korban tewas yang sudah teridentifikasi berjumlah tujuh jenazah. Sementara korban hilang tecatat 13 orang. Untuk mempercepat proses pencarian dengan luasnya areal longsor, tim SAR telah menambah empat eskavator di sejumlah titik. 

Kawasan ASEAN Dilanda 36 Bencana Minggu Lalu, Indonesia dan Malaysia Paling Terdampak

Bantuan untuk korban

Gubernur nonaktif Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengaku terus memantau penanganan bencana longsor itu meski dia sedang cuti untuk rangkaian kampanye calon gubernur. Dia mengklaim, sejauh ini bantuan logistik telah mencukupi, begitu juga tim relawan dari Bina Marga, PMI, dan Tagana sudah dikerahkan.

Dia berkoordinasi dengan BPBD untuk penanganan sesuai sistem penanggulangan bencana. Namun koordinasi itu bukan memerintah, melainkan memohon, mengingat masa cuti dari gubernur yang dijalaninya kini.

"Posisi saya sebagai warga, jadi memohon. Dan sejauh ini berjalan baik ketika bencana di Brebes, otomatis BPBD sekitarnya turut membantu, " ujarnya saat dikonfirmasi dari Semarang.

Hal terpenting di sejumlah daerah bencana adalah penanganan korban, koordinasi serta distribusi logistik yang harus memadai. Itu pula yang terus diamati Ganjar untuk memastikan penanganannya berjalan maksimal.

"Saya masih di Bali (Rakernas PDIP). Maunya, sih, segera ke Brebes, tapi saya tidak ingin dikira memanfaatkan atau pencitraan," katanya.

Total korban meninggal akibat longsor di Brebes per hari ini berjumlah delapan orang. Korban luka berat/ringan 13 orang dan 13 yang lain masih hilang. Sementara bencana banjir di kawasan Losari mengakibatkan tiga orang meninggal dunia.

Untuk para korban meninggal, Pemerintah Provinsi memberi santuan Rp10 juta per orang, sedang untuk luka berat diberi santunan Rp7,5 juta. Realisasi santunan menunggu pengajuan tertulis dari kabupaten.

“Untuk logistik sudah cukup, BPBD sudah mengirim lima kali ke Brebes. Bantuan gubernur sudah diserahkan Rp50 juta, hari ini bantuan BNPB turun Rp300 juta. Karung-karung juga sudah dikirimkan 10 ribu karung,” kata Ganjar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya