Menhub Masih Kaji Bandara Baru Bali di Atas Laut

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Irwandi Arsyad.

VIVA – PT Bandara Internasional Bali Utara (BIBU) berencana membangun bandara baru di lepas pantai atau offshore di kawasan Buleleng, Bali Utara.

Menhub Ingin Kapal Besar Masuk Pelabuhan Bengkulu

Menanggapi hal itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengemukakan, Kementerian Perhubungan masih terus melakukan kajian. "Saya belum bisa berkomentar terkait itu karena studinya sedang kami jalani," ujar Budi di Bandar Udara Budiarto, Curug, Tangerang, Banten, Sabtu malam, 24 Februari 2018.

Budi menuturkan, pihaknya masih meneliti dalam hal aspek sosial, budaya dan lingkungan terkait penambahan bandar udara di Bali.

Kunjungi Bengkulu, Menhub Sebut Bandara Fatmawati Akan Dipercantik

"Bandara Bali sedang kami upayakan, pengamatan lebih makro ya. Kami akan meneliti berkaitan dengan aspek sosial, budaya, lingkungan sehingga itu akan kami lakukan setelah penelitian tersebut kita lalui," katanya.

Menurut dia, Kementerian Perhubungan juga akan memberikan gagasan, yakni menambah dua landasan terbang atau runway di daerah Bali Selatan pada tahun 2018. Adapun lokasi tersebut masih berada di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar.

Usai Musim Mudik 2018, Jembatan Kali Kuto Dikonstruksi Ulang

"Ya solusinya kami sampaikan tahun ini karena ada ide juga di selatan itu jadi dua runway. Studinya akan kami lakukan komprehensif," katanya.

Nilai investasi pembangunan bandara baru ini ditargetkan menelan dana sebesar Rp27 triliun. Bandara Bali Utara akan dibangun di atas laut di kawasan Buleleng dengan luas 1.060 hektar dan panjang landasan pacu atau runway 4.100 meter.
 

Menteri Perhubungan Budi Karya

Angkutan Online Bakal Diwajibkan Pakai Kendaraan Listrik

Menhub Budi kaji penggunaan kendaraan listrik di transportasi online.

img_title
VIVA.co.id
3 September 2019