Siswa Bakar Gedung Sekolahnya Sendiri

Lokasi gedung SMPN 1 Kamu, di Distrik Kamu, Dogiyai, Papua yang dibakar muridnya
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Banjir Ambarita (Papua)

VIVA – Seorang murid diduga merusak dan membakar sekolahnya sendiri yakni SMP Negeri 1 Kamu, di Distrik Kamu, Kabupaten Dogiyai Papua, Rabu, 28 Februari 2018.  

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Juru Bicara Polda Papua Komisaris Besar Polisi Ahmad Mustofa Kamal mengatakan, pelaku pembakaran sekolah sudah diamankan. “Polsek Kamu sudah mengamankan pelaku dan kini menjalani pemeriksaan,” ujar Kamal. 

Kejadian diketahui bermula dari laporan warga bahwa gedung SMPN 1 Kamu telah dibakar. Belakangan diketahui pelaku pembakaran siswa sekolah tersebut, berinisial YD.

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

Mendapat laporan itu, polisi menuju lokasi untuk memadamkan api bersama warga masyarakat sekitar. Namun api baru berhasil dipadamkan setelah membakar sebagian besar gedung sekolah. “Upaya pemadaman tak berhasil menyelamatkan gedung sekolah,” kata Kamal.

Menurut Kamal, pelaku merusak dan membakar sekolah dalam kondisi dipengaruhi minuman keras beralkohol. Pelaku lalu membawa sebilah parang dan membawa jerigen ukuran 5 liter berisi bensin. 

Pengawasan Pilkada 2024 di Kabupaten Puncak Papua Terancam Tak Maksimal

“Sebelum membakar dengan menyiram bensin, pelaku lebih dulu merusak kaca sekolah. Selanjutnya pelaku menuju ruang guru menyiram bensin dan membakarnya dengan korek gas,” ujarnya.

Api cepat menjalar lantaran gedung sekolah terbuat dari kayu atau papan. Saat itu juga polisi langsung menangkap pelaku. “Pelaku masih dimintai keterangan tapi karena masih dalam pengaruh alkohol keterangannya masih berbelit-belit,” ujarnya. 

Akibat kebakaran itu diperkirakan menimbulkan kerugian miliaran rupiah. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya