Ketua DPR Desak Polri Ungkap Otak Kelompok Penyebar Hoax MCA

Ketua DPR Bambang Soesatyo
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Sejumlah anggota Muslim Cyber Army (MCA) berhasil ditangkap oleh aparat Kepolisian lantaran menyebarkan berita hoaks atau menyesatkan. Namun, otak dari kelompok ini belum terungkap. Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta Polri segera mengungkapnya. 

Dikabarkan Meninggal Dunia, Gilang Dirga Tak Marah, Kenapa?

"Terutama tim inti yang merupakan konseptor atau pelaku utama kelompok MCA, baik yang ada di dalam negeri maupun luar negeri, mengingat isu tersebut meresahkan masyarakat," kata Bambang di Jakarta, Kamis, 1 Maret 2018.

Menurut Bambang, dalam mengungkap kasus ini perlu peran semua elemen terkait untuk bisa bersinergi. Baik itu Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), agar bekerja lebih intensif dengan Polri. 

Dikabarkan Meninggal Dunia, Ivan Gunawan Kirim Doa untuk Penyebar Hoax

Muslim Cyber Army (MCA)

Selain itu, politikus Partai Golkar itu meminta Polri untuk bisa menelusuri dan mengungkap pihak lain yang membiayai ataupun mengorder kelompok ini untuk menyebarkan hoaks. "Plus mengidentifikasi kemungkinan adanya kelompok penyebar hoaks lain yang beraksi di media sosial," katanya.

Jelang Pencoblosan Pilkada Serentak 2020, Bawaslu: Jangan Percaya Hoax

Lintas komisi di DPR, lanjut dia, saat ini juga diminta bersinergi. Komisi I yang membidangi masalah informasi, agar mendorong penyedia layanan aplikasi maupun pengguna media sosial untuk patuh terhadap ketentuan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

"Saya mengimbau masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi dengan berita isu ujaran kebencian, maupun isu SARA, serta secara bijak dalam bermedia sosial," ujarnya. (ase)

Cita Citata, yang kini berganti nama menjadi Cita Rahayu

Heboh Kabar Hoax, Pedangdut Cita Rahayu Disebut Meninggal Dunia

Banyak netizen yang mengomentari postingan Instagram Cita Rahayu lantaran merasa khawatir dengan kondisi penyanyi kelahiran 14 Agustus 1994 itu.

img_title
VIVA.co.id
11 September 2023