Segera Diputus, Kenaikan Gaji PNS Dibawa ke Sidang Kabinet

Menteri Keuangan Sri Mulyani di Istana Negara
Sumber :
  • VIVA/Agus Rahmat

VIVA – Pemerintah akan membawa usulan Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk menaikkan gaji pegawai negeri sipil (PNS) dalam sidang kabinet. Usulan itu diajukan, mengingat sudah dua tahun ini gaji abdi negara tidak pernah mengalami kenaikan.

Menpan-RB Janji Angkat 2,3 Juta Tenaga Honorer: Tes Hanya Formalitas

"Nanti kami lihat di UU APBN. RKP (Rencana Kerja Pemerintah)-nya sedang dibuat, kerangka ekonomi makro sedang akan disidangkabinetkan," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani, di Istana Negara, Jakarta, Jumat 2 Maret 2018.

Penyusunan konsep usulan kenaikan gaji pokok PNS 2019 dilakukan dengan mempertimbangkan bahwa sudah lebih dari dua tahun PNS tidak memperoleh kenaikan gaji pokok.

Sah! Periode Kenaikan Pangkat PNS Kini 2 Bulan Sekali

Mengingat Rancangan Peraturan Pemerintah (PP) Gaji, Tunjangan, dan Fasilitas PNS sebagai pengganti PP Gaji PNS sebelumnya, yakni PP No. 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji PNS yang terakhir diubah dengan PP No. 30 Tahun 2015, masih belum juga ditetapkan.

"Pengajuan usulan kenaikan gaji pokok tersebut juga meliputi analisis kebutuhan anggaran berikut simulasi dampak fiskalnya yang akan dibahas dalam forum antar kementerian/lembaga (K/L)," kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN, Mohammad Ridwan.

Oknum Satpol PP di Garut Dukung Cawapres, Plt PPP Ingatkan Instruksi Mendagri

Ridwan menambahkan, jika nantinya usulan kenaikan gaji pokok tahun 2019 disetujui, selanjutnya akan dituangkan dalam Nota Keuangan dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) pada tahun 2019.

IKN Nusantara.

Ratusan Ribu Ribu PNS Sudah Ikuti Uji Kompetensi dari BKN untuk Siap Pindah ke IKN

Sebanyak 121.626 orang PNS sudah mengikuti uji kompetensi yang diadakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagai persiapan pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024