Jokowi Perintahkan Bangun Rumah untuk Mantan OPM

Penurunan bendera Bintang Kejora milik OPM di Papua beberapa waktu silam.
Sumber :
  • VIVAnews/Banjir Ambarita

VIVA – Presiden Joko Widodo memerintahkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk membangun perumahan yang dikhususkan bagi mantan anggota gerakan separatis Organisasi Papua Merdeka atau OPM. 

Polisi Antisipasi Gangguan Keamanan di Papua saat Peringatan HUT OPM

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, mengonfirmasi itu ketika ditanyai wartawan di Istana Negara, Jakarta, pada Senin, 5 Maret 2018.

Kementerian menyanggupi dan segera melaksanakan proyek pembangunan. Menteri mengklaim, tak ada kendala dengan rencana pembangunan itu karena anggaran sudah tersedia, yakni dialokasikan dalam program rumah khusus. 

Warga Simpatisan OPM Serahkan Senjata Api M-16 kepada TNI

Namun dia segera mengoreksi bahwa perumahan yang akan dibangun tidak banyak, hanya puluhan unit. "Cuma puluhan, enggak sampai lima puluh (unit),” katanya. 

Rumah khusus mantan anggota OPM itu akan dibangun di Papua. Namun untuk lokasi tepatnya, Menteri mengaku lupa. Dia akan memeriksa lagi surat tentang pembangunan perumahan itu. (ren)

Pasukan TNI/Polri Ringkus Gembong OPM Biang Kerok Penyebar Hoaks
Viral bendera bintang kejora berkibar di Papua

Polisi Tangkap Tujuh Orang Pengibar Bendera Bintang Kejora di Papua

Polisi menangkap tujuh orang yang disangka mengibarkan bendera Bintang Kejora yang diasosiasikan sebagai bendera OPM di halaman GOR Cenderawasih, Jayapura.

img_title
VIVA.co.id
1 Desember 2021