KPK Semakin Akrab dengan BNN

Gedung KPK Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA/Hafidz Mubarak A

VIVA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan akan meningkatkan kerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN). Terlebih saat ini lembaga pemberantas narkotika kini dipimpin Heru Winarko, yang merupakan mantan deputi penindakan KPK. 

Struktur KPK Gemuk, Dewas Sudah Ingatkan Firli Bahuri Cs

Menurut Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, sejauh ini KPK dan BNN sudah bekerja sama dalam beberapa hal, namun masih didominasi bagian pencegahan. Seperti mengenai pengecekan rutin para pegawai KPK oleh BNN.

Adapun KPK banyak membantu BNN mencegah gratifikasi serta pengisian Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). 

KPK Tetapkan 3 Tersangka Baru Kasus Korupsi Dirgantara Indonesia

Meski belum menjajaki sektor penindakan, namun kata Febri, itu dimungkinkan ke depannya. Penanganan kasus pencucian uang oleh penyelenggara negara yang berasal dari penjualan narkoba, misalnya. Atau mengenai tindak pidana korupsi di lembaga BNN.

"Kalau nanti ditemukan hal-hal itu, pertukaran informasi dimungkinkan untuk pembicaraannya," kata Febri di Jakarta, Rabu, 7 Maret 2018. 

Anggaran Miliaran KPK untuk Mobil Dinas, Ini yang Bisa Dipilih

Kendati begitu, Febri belum dapat berspekulasi saat ini. Yang jelas, kata dia, dengan beradanya mantan elite KPK di BNN, menambah kemudahan dalam melakukan kerja sama dalam berbagai bidang nantinya antara kedua lembaga tersebut.

"Jadi tidak tertutup kemungkinan koordinasi antara BNN dan KPK akan lebih intensif terjadi, termasuk pertukaran informasi. Kalau ada korupsi misalnya, dan yang menjadi kewenangan KPK, atau kalau ada temuan-temuan lainnya yang menjadi kewenangan BNN, tentu koordinasi itu bisa dilakukan," tuturnya. (ase)

Wakil Ketua KPK Alexander Mawarta.

Bantah Isu Taliban, Pimpinan KPK: Adanya Militan Pemberantas Korupsi

Isu Taliban dinilai sengaja dihembuskan untuk menyerang citra KPK. Isu lama yang berulang kali dimainkan.

img_title
VIVA.co.id
26 Januari 2021