Cuaca Buruk, Waspada Banjir dan Longsor 7-10 Maret

Prakiraan cuaca BMKG.
Sumber :
  • VIVA.co.id/M. Ali. Wafa

VIVA – Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono Rahadi Prabowo mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk lebih waspada terhadap perubahan cuaca yang bakal terjadi mulai dari hari ini, Rabu, 7 hingga 10 Maret 2018.

40 RT dan 5 Ruas Jalan Jakarta Masih Terendam Banjir

Menurut pantauan BMKG, atmosfer saat ini hingga beberapa hari kedepan berindikasi mengalami peningkatan. Ini ditandai dan terdeteksi adanya aliran udara basah dari Samudera Hindia ke wilayah Indonesia.

"Kondisi tersebut diperkirakan mengakibatkan potensi hujan dengan intensitas lebat terjadi di beberapa wilayah Indonesia," ujar Mulyono dalam siaran pers di website BMKG seperti dikutip VIVA, Rabu, 7 Maret 2018.

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

Mulyono menjelaskan, dengan adanya situasi seperti ini, BMKG mengeluarkan beberapa imbauan terhadap beberapa bencana yang mungkin terjadi, seperti genangan, banjir maupun longsor bagi yang tinggal di wilayah berpotensi hujan lebat, terutama di daerah rawan banjir dan longsor.

"Waspada terhadap kemungkinan hujan disertai angin yang dapat menyebabkan pohon maupun baliho tumbang/roboh. Agar tidak berlindung di bawah pohon jika hujan disertai kilat/petir," kata dia.

28 RT di Jakarta Terendam Banjir, Hek Kramat Jati Mulai Surut

Berikut daerah yang berpotensi banjir dan longsor di Indonesia,:

Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan,Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Tengah bagian Selatan, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat.

Warga Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat (Jakbar), terpaksa harus melakukan pencoblosan ditengah genangan air akibat banjir saat Pemilu 2024 di tempat pemungutan suara (TPS) 039.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU DKI Jakarta, Dody Wijaya mengatakan pihaknya tentu berupaya mengantisipasi bencana banjir yang dapat terjadi saat proses p

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024