Pelempar Rokok ke Orangutan Bakal Dilaporkan ke Polisi

Orangutan di kebun binatang Bandung, Jawa Barat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Dede Idrus (Bandung)

VIVA – Humas Kebun Binatang Bandung, Suhlan Syafi'i, bakal melaporkan pengunjung yang melemparkan sebatang rokok kepada orang utan. Kejadian tersebut sempat terekam kamera dan viral di media sosial.

Tunggak Sewa Lahan Rp 17 Miliar, Kebun Binatang Bandung Terancam Disegel Pemkot

Menurut Suhlan, ada unsur kesengajaan tinggi yang dilakukan pelaku sehingga pihaknya langsung menggelar rapat, serta akan melaporkannya ke kepolisian.

"Secara aturan kesejahteraan satwa itu melanggar karena di kandang ini ada tulisan dilarang memberi makan dan rokok. Jadi sudah sangat jelas peraturan di manapun ini tidak diperkenankan merokok," ujar Suhlan kepada awak media, Kamis, 8 Maret 2018.

Wagub Sumut Ajak Menpora Lihat Orangutan di Taman Nasional Gunung Leuser

Suhlan menjelaskan, kepolisian sempat mengunjungi kebun binatang untuk melihat lokasi kejadian. Dia berharap kepolisian bisa mengusut secara tuntas kasus tersebut. "Kalau tidak sore ini, besok (9 Maret 2018) pagi orang dari Kebun Binatang akan datang ke Polrestabes Bandung," ujarnya.

Mengenai identitas pelaku, Suhlan mengaku belum mengetahui secara detail. Namun, pihaknya akan mengecek kamera pengintai atau CCTV yang ada di kebun binatang.

Bukit Lawang Orangutan Trail Resmi Terdaftar di Asosiasi Lari Dunia

"Kami sekarang cek CCTV di kebun binatang ada enam CCTV, jadi kami yakin benar misalnya ketangkap foto wajahnya akan diperbesar," ujarnya.

Dia menambahkan, "Kami nanti silakan di medsos menghukumnya seperti apa, yang jelas kami akan cantumkan orang ini yang berikan rokok kepada Ozon (nama orang utan), ini perbuatan yang tidak terpuji." (ase)

Pelaku perdagangan orangutan saat diamankan Polda Sumut.

Orangutan Mau Dijual ke Luar Negeri, Polda Sumut Gagalkan

Polda Sumatera Utara berhasil mengungkap dan menggagalkan perdagangan dua Orangutan, yang berstatus satwa liar dilindungi.

img_title
VIVA.co.id
30 September 2023