Ketua DPR Bongkar Kekuatan Jokowi

Presiden Joko Widodo saat di Yogyakarta.
Sumber :
  • Dokumen Setneg

VIVA – Sosok polos dan apa adanya yang selama ini dimiliki Presiden Joko Widodo ternyata menjadi kekuatan utama serta daya tarik warga. Apapun yang selama ini dikenakan Jokowi menjadi tren di kalangan masyarakat.

Jokowi: Debat Saja Pakai Latihan

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengatakan, tak hanya apa adanya dalam keseharian, ternyata Jokowi sangat piawai dalam menggunakan komunikasi verbal dan non-verbal. Komunikasi yang dibangun menggunakan bahasa-bahasa sederhana dan merakyat, sehingga masyarakat lebih memahami pesan-pesan disampaikan orang nomor satu di Indonesia itu.

“Figur Presiden Jokowi yang apa adanya dan gaya bahasanya yang sederhana, justru menjadi perhatian masyarakat dan media massa untuk selalu memberitakan keunikannya,” kata  Bambang di Jakarta, Sabtu, 10 Maret 2018.

Jokowi Bertemu dengan Pimpinan Koalisi, Bahas Apa?

Mantan Ketua Komisi III ini menilai gaya komunikasi politik Jokowi menjadi tradisi baru di kalangan istana. Tradisi baru komunikasi politik Presiden Jokowi disebutnya berhasil meruntuhkan sifat kesakralan istana yang dipandang sebelumnya sangat kaku, formal dan penuh protokoler.

"Presiden Jokowi mempunyai banyak jurus komunikasi politik. Politik meja makan, ngeteh di beranda istana, mengenakan sarung sebagai lambang kaum santri, adalah beberapa kepiawaian Presiden dalam membangun persepsi publik. Gaya komunikasi politik seperti itu berhasil mengubah persepsi istana yang selalu digambarkan penuh formalitas dan protokoler," ujar Bambang.

CVR Ditemukan, Jokowi Harap Misteri Tragedi Lion Air Terang Benderang

Tak hanya itu, dalam memecahkan persoalan, Jokowi cenderung lebih memilih gaya komunikasi politik yang halus dan santun. Presiden Jokowi jarang menyanggah atau menjawab tudingan politik yang menyerangnya dengan perkataan, namun menjawab dengan komunikasi non-verbal.

“Ketika mendapat serangan keras saat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dihalangi Paspampres saat ingin turun mendampingi Jokowi saat penyerahan Piala Presiden 2018 kepada Persija, Jokowi tidak banyak berkomentar. Cukup Jokowi mengajak Pak Anies duduk satu mobil, selesai. Inilah cara-cara komunikasi politik yang efektif," kata Bambang. (one)

Joko widodo

Jokowi Dalami Isu yang Berkembang di Media Hadapi Debat Pilpres

Jokowi pede hadapi debat pilpres besok.

img_title
VIVA.co.id
16 Januari 2019