Cagub TB Hasanuddin Klaim Elektabilitas Naik Drastis

Cagub dan Cawagub Jawa Barat, TB Hasanuddin (kiri) - Anton Charliyan (kanan)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Novrian Arbi

VIVA – Tim pemenangan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat, Tubagus Hasanudin-Anton Charliyan, mengklaim elektabilitas jagoannya mulai naik drastis selama sebulan terakhir.

Ridwan Kamil Teratas, Airin-Desy Ratnasari Kejutan di Pilkada Jabar

M Budiana, Ketua Tim Media Center pasangan calon berjuluk Hasanah itu, mengaku mendapatkan bocoran informasi tentang hasil survei sebuah partai atas elektabilitas para kandidat. Dia tak menyebutkan partai itu tetapi mengklaim elektabilitas pasangan Hasanah sekarang 14,5 persen.

Upami ningali survei internal (kalau lihat survei internal) partai P per 20 Februari, Hasanah naik drastis: di bulan sebelumnya, dari sembilan persen, (sekarang) jadi 14,5 persen,” kata Budiana di Bandung pada Senin, 12 Maret 2018.

Gatot Dapat Bintang Mahaputra Dinilai Wajar, tapi Waktunya Tak Biasa

Berdasarkan hasil survei itu pula, kata Budiana, elektabilitas pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu hanya lima persen dalam sebulan terakhir. Bahkan, elektabilitas pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum turun dibandingkan pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi.

“Artinya dalam satu bulan, Hasanah naik 50 persen. Rindu (Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum) turun sedikit, di versi tersebut Demiz (Deddy Mizwar) unggul nyusul Rindu," kata Budiana, tanpa menyebutkan detail angka persentase hasil survei itu.

Anggota DPR Minta Pimpinan TNI Bereskan Merebaknya LGBT di Militer

Budiana akan melihat dinamika politik dan elektabilitas calonnya setelah debat publik para kandidat di Bandung pada Senin malam. “Analisis survei akan berubah signifikan setelah debat publik hari ini,” ujarnya.

Setelah debat publik itu, elektabilitas pasangan Hasanah diyakininya akan bertahap naik: dari 14 persen pada awal Maret, naik 30 persen pada akhir Maret, lalu 40 persen pada April.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Iwan Bule

'Akan Istikharah', Kode Keras Iwan Bule Siap Maju di Pilkada Jabar

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule menunjukkan isyarat atau kode keras untuk maju dan berkompetisi dalam pilkada Jawa Barat pada tahun 2024.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2022