Wakil Ridwan Kamil Grogi, Nasdem Sebut Demam Panggung

Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) dan Uu Ruzhanul Ulum (kanan).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA – Calon wakil gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, mengalami demam panggung saat debat publik yang diselenggarakan di gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Bandung pada Senin malam, 12 Maret 2018.

Ganjar Temui Pimpinan Pesantren di Tasikmalaya, Akui Bicara Politik tapi Bukan soal Cawapres

Uu tak fokus menyimak arahan moderator Rosiana Silalahi. Bahkan Uu tampak hanya diam selama dua segmen dalam debat publik dibandingkan calon lain yang aktif dan cermat mengutarakan pendapat sesuai arahan moderator.

Saan Mustopa, Ketua Tim Pemenangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) mengakui, insiden itu menjadi bahan evaluasi bagi Uu. Tim sudah meminta Uu agar bisa konsentrasi dibandingkan calon lain.

Terungkap 3 Alasan Ridwan Kamil Pilih Berhenti Jadi Gubernur Jawa Barat

"Dialog-dialog berikutnya harus menyiapkan diri, harus lebih fokus dan konsentrasi. Tapi apa yang ditampilkan, Kang Emil (Ridwan Kamil) khususnya itu sudah luar biasa," ujar Saan di Bandung pada Selasa, 13 Maret 2018.

Menurut dia, situasi mental seseorang turun dalam forum debat semacam itu sesungguhnya wajar saja, apalagi disiarkan langsung televisi dan disaksikan jutaan orang. Itu akan dapat diatasi manakala Uu bisa lebih konsentrasi.

Ridwan Kamil: Saya Mohon Pamit dan Mohon Undur

"Kadang orang ada kurang konsentrasi, demam panggung, itu suatu yang biasa," kata Ketua Partai Nasdem Jawa Barat itu.

Saan berharap peristiwa serupa tak terulang dalam debat-debat berikutnya yang dijadwalkan digelar di Bogor dan Cirebon. Namun secara umum Saan menilai penampilan Ridwan Kamil maupun Uu sudah cukup baik.

"Dengan menghindari subjektivitas, saya sebagai pendukung Kang Emil, apa yang disampaikan Kang Emil, menurut saya, di atas rata-rata pasangan lain." (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya