Mendesak, Jalur Penyelamat Tanjakan Emen Dibangun Tahun Ini

Kondisi minibus yang kecelakaan di Tanjakan Emen, Subang, Jawa Barat.
Sumber :
  • Repro Twitter

VIVA – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan, pembangunan infrastruktur keselamatan Escape Road di tanjakan Emen Kabupaten Subang ditargetkan dilakukan tahun ini.

Ratusan Peserta Meriahkan Pasundan Ride Bank BJB 2021

Pria yang akrab disapa Aher itu mengakui, sebelumnya wacana pembangunan tersebut dalam tahap penelitian dan perencanaan. Namun, setelah kecelakaan maut kembali terjadi pada Senin, 12 Maret 2018 dengan memakan korban 16 orang, pembangunan tersebut harus segera dilaksanakan.

"Sangat urgent, Insya Allah tahun ini bisa diselesaikan," ujar Ahmad Heryawan di Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa 13 Maret 2018.

Polisi Antisipasi Kecelakaan di Tanjakan Emen Saat Libur Akhir Tahun

Menurut Aher, secara singkat fungsi Escape Road ini berfungsi sebagai area dengan ruas lebar yang memberikan ruang bagi kendaraan ketika mengalami kendala pengereman. "Ketika ngebanting ke pinggir langsung masuk ke pasir, langsung dia mengerem sendiri," katanya.

Aher membantah kontur jalan tanjakan Emen menjadi penyebab maraknya kecelakaan. Kendati demikian, pihaknya juga mengimbau kepada seluruh penyedia jasa transportasi maupun kendaraan pribadi agar rutin memeriksa kelaikan kendaraannya dan selalu berhati-hati ketika meintasi jalur-jalur yang rawan.

Banyak Nyawa Melayang, Tanjakan Emen Bakal Diubah

"Karena boleh jadi, perkara-perkara yang menyebabkan itu boleh jadi terkait supirnya ngantuk atau ugal-ugalan," terang Aher.

Seperti diketahui, sebuah minibus berpelat nomor E 7548 PB mengalami kecelakaan di Tanjakan Emen, Subang, Jawa Barat, Senin 12 Maret 2018, sekitar pukul 12.15 WIB dengan korban 16 orang luka-luka.

Tidak hanya kemarin, insiden kecelakaan maut juga terjadi pada Sabtu sore, 10 Februari 2018. Pada saat itu, bus pariwisata yang membawa rombongan wisatawan Koperasi Simpan Pinjam Permata Ciputat, Tangerang Selatan melaju dari arah Bandung ke Subang.

Saat di tanjakan Emen, bus melaju tak terkendali hingga menabrak sepeda motor bernomor polisi T 4382 MM. Bus lantas menabrak tebing sebelah kiri jalan hingga terguling di bahu jalan. Akibat kejadian ini, sebanyak 27 orang tewas dan lainnya mengalami luka. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya